Pengaruh program bina diri terhadap kemandirian anak tunagrahita: Study quasi eksperimen mengenai pengaruh program bina diri di SLB ABC Argasari Yayasan Lestari Tasikmalaya terhadap kemandirian anak tunagrahita kategori ringan

Kurniawan, Emil (2012) Pengaruh program bina diri terhadap kemandirian anak tunagrahita: Study quasi eksperimen mengenai pengaruh program bina diri di SLB ABC Argasari Yayasan Lestari Tasikmalaya terhadap kemandirian anak tunagrahita kategori ringan. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (81kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (317kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari data lapangan bahwa ada anak mempunyai potensi untuk didik, walaupun kenyataannya anak tunagrahita dalam bertingkah laku berbeda dengan kebiasaan anak normal lainnya, tetapi kita bisa memaksimalkan potensi tersebut dan sebagai tindak lanjut adanya program Bina Diri di SLB Abc Argasari Yayasan Lestari Tasikmalaya yang menjanjikan dan sudah ada yang bisa merasakan dan membuktikan mamfaatnya sesuai yang di katakan oleh pendidik yang peneliti wawancarai. Namun kenyataannya untuk menjalankan program Binadiri tersebut tenaga pendidik merasa mengalami kesulitan dan terkadang suka merasa jengkel dalam menghadapi anak tunagrahita. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui efektifitas dari penerapan program Bina Diri di SLB Abc Argasari Yayasan Lestari Tasikmalaya terhadap kemandirian anak tunagrahita (kategori Ringan). Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan single subject research dengan pola multiple baseline design. Rancangan ini menggunakan data dari subjek tunggal untuk membuktikan adanya pengaruh program binadiri terhadap kemandirian anak tunagrahita. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi. Adapun instrument pengumpulan data menggunakan alat ukur observasi dengan metode Rating Scale dan pedoman wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif melalui analisis grafik dan perhitungan persentase kemandirian, untuk memperoleh gambaran mengenai pengaruh treatment yang diberikan. Hasil analisis menunjukan adanya peningkatan skor pada fase treatment. Hal tersebut terlihat dari meningkatnya skor kemandirian pada subjek. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh program bina diri di SLB Abc Argasari Yayasan Lestari Tasikmalaya terhadap kemandirian anak tunagrahita (Kategori Ringan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: tuna grahita; Program Bina Diri;
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Child Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2016 03:19
Last Modified: 25 Feb 2019 06:46
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1020

Actions (login required)

View Item View Item