Evaluasi Kinerja Subbagian Program dan Data dalam Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung (Studi Penelitian pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung)

Mariyam, Siti (2018) Evaluasi Kinerja Subbagian Program dan Data dalam Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung (Studi Penelitian pada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Bandung). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (242kB) | Preview
[img] Text (BAB I)
4_bab1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB) | Request a copy
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (298kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (182kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy

Abstract

Subbagian Program dan Data yang mempunyai tugas mengelola dan menyusun Data Pemilih, dan melakukan hal-hal yang langsung berkaitan dengan pelaksanaan pemilu dianggap kurang efektif dan efisien dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini dapat dilihat dari adanya data pemilih yang belum optimal, diantaranya terdapat pemilih yang belum tercatat, dan masih terdaftarnya masyarakat yang sudah meninggal sebagai pemilih, hal ini menunjukkan capaian yang kurang baik bagi KPU Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi kinerja Subbagian Program dan Data dalam Pemutakhiran Data Pemilih pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Bandung berdasarkan 4 indikator pengukuran kinerja menurut Agus Dwiyanto yakni Produktivitas, Kualitas layanan, Responsivitas, dan Akuntabilitas. Sehingga diharapkan dapat digunakan untuk memperbaiki atau meningkatkan kinerja Subbagian Program dan Data. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian secara observasi langsung dengan mengumpulkan data wawancara kepada Pimpinan KPU dan Kepala Subbagian yang ada di KPU Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Evaluasi Kinerja dalam Pemutakhiran Data Pemilih yang dilakukan Subbagian Program dan Data KPU Kota Bandung sudah sesuai dengan prosedur. Indikasi tersebut dibuktikan dengan terlaksananya beberapa kegiatan yang dilakukan secara optimal. Akan tetapi masih ditemukannya berbagai masalah dalam proses pelaksanaannya, seperti kurangnya sosialisasi, sering terganggunya sistem informasi, kelalaian petugas pemutakhiran, dan kurangnya partisipasi masyarakat dalam memperbaiki data kependudukan menjelang Proses Pemutakhiran Data pemilih mengakibatkan banyaknya masyarakat yang tidak terdaftar sebagai pemilih. Dapat dilihat pula dari produktivitas kerja yang baik dengan hasil terlaksananya setiap tahapan Pemilukada Kota Bandung tahun 2013, kualitas layanan yang cukup baik dalam melayani masyarakat, walaupun masih banyak keluhan yang disampaikan masyarakat, responsivitas dengan memperhatikan aspirasi masyarakat yang pada akhirnya akan dapat meningkatkan kinerja KPU Kota Bandung, dan akuntabilitas yang berkaitan dengan pertanggung jawaban KPU Kota Bandung kepada warga masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Evalusi Kinerja;KPU Kota Bandung
Subjects: Administration of The Physical Plant
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Siti Mariyam
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:02
Last Modified: 05 Jun 2018 07:02
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10212

Actions (login required)

View Item View Item