Pratiwi, Karlina (2018) Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusaan PT. Bank Mega Syariah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (108kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (261kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (323kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
Abstract
Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah merupakan pendapatan bank syariah dari hasil kerja sama antara ke dua belah pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dengan kesepakatan yang meliputi pembagian hasil usaha antara penyedia dana dengan penyimpan dana. Selain itu, bank syariah juga memerlukan biaya promosi untuk mempromosikan setiap produknya. Seiring dengan perkembangan lembaga keuangan, pendapatan yang bersumber dari jasa perbankan perlu untuk dioptimalkan selain itu untuk menghasilkan pendapatan dibutuhakan promosi yang kuat agar diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Dalam penelitian ini PT Bank Mega Syariah dijadikan sebagai objek penelitian. Dengan tingginya pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya promosi secara teori hal tersebut akan berdampak terhadap kenaikan dan penurunan laba perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Jumlah Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Perusahaan PT Bank Mega Syariah secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan PT Bank Mega Syariah secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan PT Bank Mega Syariah secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan triwulan 2014 – 2016. Tehnik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 23. dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Secara parsial Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel (0,893 < 2,10). (2) Secara parsial Biaya Promosi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Laba Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel (-0,855 < 2,10). (3) Secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi 0,227 atau 22,7% berpengaruh terhadap Laba perusahaan, sedangkan sisanya 77,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung ≥ Ftabel, yaitu (1,318 ≥ 4,74) dengan tingkat signifikan 0,315%. Artinya, berpengaruh positif tidak signifikan antara Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; Biaya Promosi; Laba Perusahaan |
Subjects: | Administration of Economy > Administration of Financial Institutions |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah |
Depositing User: | Karlina Pratiwi |
Date Deposited: | 05 Jun 2018 07:54 |
Last Modified: | 16 Oct 2023 08:56 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10234 |
Actions (login required)
View Item |