Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusaan PT. Bank Mega Syariah Periode 2014-2016

Pratiwi, Karlina (2018) Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusaan PT. Bank Mega Syariah Periode 2014-2016. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (261kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy

Abstract

Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah merupakan pendapatan bank syariah dari hasil kerja sama antara ke dua belah pihak atau lebih untuk suatu usaha tertentu dengan kesepakatan yang meliputi pembagian hasil usaha antara penyedia dana dengan penyimpan dana. Selain itu, bank syariah juga memerlukan biaya promosi untuk mempromosikan setiap produknya. Seiring dengan perkembangan lembaga keuangan, pendapatan yang bersumber dari jasa perbankan perlu untuk dioptimalkan selain itu untuk menghasilkan pendapatan dibutuhakan promosi yang kuat agar diharapkan dapat meningkatkan laba perusahaan. Dalam penelitian ini PT Bank Mega Syariah dijadikan sebagai objek penelitian. Dengan tingginya pendapatan bagi hasil musyarakah dan biaya promosi secara teori hal tersebut akan berdampak terhadap kenaikan dan penurunan laba perusahaan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisa pengaruh Jumlah Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah terhadap Laba Perusahaan PT Bank Mega Syariah secara parsial, (2) menganalisa pengaruh Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan PT Bank Mega Syariah secara parsial, (3) menganalisa pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan PT Bank Mega Syariah secara simultan. Metode penelitian ini menggunakan uji asumsi klasik, analisis deskriptif dan analisis asosiatif. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder dari laporan triwulan 2014 – 2016. Tehnik pengumpulan data yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan metode deskriptif, analisis regresi (sederhana, berganda), analisis korelasi, analisis determinasi, analisis uji hipotesis (uji t dan uji f). Adapun pengolahan data menggunakan SPSS for windows versi 23. dan microsoft excel 2010 sebagai penunjang pengolahan data awal. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) Secara parsial Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Laba Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel (0,893 < 2,10). (2) Secara parsial Biaya Promosi berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap Laba Perusahaan, hal ini dibuktikan dengan nilai Thitung < Ttabel (-0,855 < 2,10). (3) Secara simultan nilai koefisien determinasi (R square) pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi 0,227 atau 22,7% berpengaruh terhadap Laba perusahaan, sedangkan sisanya 77,3% dipengaruhi oleh faktor lain. Hasil akhir diketahui bahwa Fhitung ≥ Ftabel, yaitu (1,318 ≥ 4,74) dengan tingkat signifikan 0,315%. Artinya, berpengaruh positif tidak signifikan antara Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah dan Biaya Promosi terhadap Laba Perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Musyarakah; Biaya Promosi; Laba Perusahaan
Subjects: Administration of Economy > Administration of Financial Institutions
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Karlina Pratiwi
Date Deposited: 05 Jun 2018 07:54
Last Modified: 16 Oct 2023 08:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10234

Actions (login required)

View Item View Item