Putri, Annisa Riani (2024) Pengembangan modul fisika bermuatan komik untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi fluida statis. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover..pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (396kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (393kB) |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (799kB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (79kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
Abstract
Rendahnya hasil belajar kognitif peserta didik dalam materi fluida statis menjadi fokus utama permasalahan pada penelitian ini. Pengembangan modul fisika bermuatan komik menjadi sebuah solusi untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) kelayakan modul fisika bermuatan komik, (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul fisika bermuatan komik, (3) peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan modul fisika bermuatan komik. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan mix method dengan metode R&D (Research and Development), model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Sampel yang digunakan sebanyak 30 peserta didik kelas XI IPA 1 SMAN 1 Tirtayasa. Teknik analisis data yang dilakukan yaitu perhitungan persentase kelayakan dari hasil validasi media, perhitungan persentase keterlaksanaan pembelajaran dari AABTLT with SAS, serta perhitungan peningkatan hasil belajar kognitif dengan N-gain dan uji hipotesis pada lembar pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa (1) modul fisika bermuatan komik yang telah dikembangan menggunakan model ADDIE memperoleh nilai kelayakan dari validator ahli media dan guru fisika ialah 87% dengan kategori sangat baik sedangkan nilai kelayakan dari validator ahli materi dan guru fisika ialah 84% dengan kategori sangat baik (2) keterlaksanaan pembelajaran menggunakan modul bermuatan komik memperoleh persentase sebesar 82% dengan interpretasi efektif, dan (3) terdapat peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik setelah menggunakan modul fisika bermuatan komik pada materi fluida statis dengan nilai N-gain sebesar 0,90 dengan interpretasi sedang. Hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar kognitif peserta didik sebelum dan setelah menggunakan modul bermuatan komik pada materi fluida statis.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | modul bermuatan komik; hasil belajar; Fluida statis |
Subjects: | Physics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Annisa Riani Putri |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 06:31 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 06:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102344 |
Actions (login required)
View Item |