Rohman, Cecep Abdu (2018) Manejemen Mutu Outcome Penyelenggaraan Ibadah Haji: Studi pada Penyelenggara Ibadah Haji Wilayah Provinsi Jawa Barat. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (194kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (378kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (563kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (113kB) | Request a copy |
Abstract
Kanwil Kemenag Jabar Bidang Haji dan Umrah sebagai leading sector dalam menyelenggarakan ibadah haji di Provinsi Jawa Barat, dan bertanggung jawab atas kesuksessan penyelenggaraan ibadah haji. Jamaah haji merupakan pengguna jasa yang harus dilayani dengan maksimal, demi mencipatakan kenyamanan saat beribadah dan meraih predikat haji yang mabrur. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk memperoleh gambaran mutu kepuasan pelayanan ibadah haji di Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat Bidang Haji dan Umrah; (2) Untuk memperoleh gambaran mutu kemabruran jemaah haji; (3) Dampak Alumni Jemaah Haji di Tengah Masyarakat Setelah Melaksanakan Ibadah Haji Yang Diselenggarakan Oleh Kantor Wilayah Kementrian Agama Provinsi Jawa Barat. Manajemen Mutu diperlukan untuk pengembangan kualitas dalam berbagai segmen organisasi, termasuk dalam hal ini Kanwil Kemenag Provinsi Jawa Barat bidang haji dan umrah yang menjadi penyelenggara ibadah haji. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, jenis data yang di gunakan adalah kulitatif, sumber data yang digunakan adalah data primer dan juga sekunder adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah observasi, wawancara, dan study dokumentasi. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa: Pertama, Kanwil Kemenag Jabar bidang haji dan Umrah dalam meraih kesuksesannya memperhatikan tahapan-tahapan, yaitu: (a) Perencanaan dengan menggunakan manajemen pelayanan; (b) Melakukan pengorganisasian, yaitu pengaturan sumberdaya manusia yang dimiliki oleh Kanwil Kemenag jabar; (c) Pelaksanaan pelayanan pada jemaah haji. Kedua, Mutu kemabruran jemaah haji didasarkan pada perubahan sikap jemaah haji yang lebih baik. Ada beberapa indikator yang ditunjukan oleh jemaah terkait dengan kemabrurannya, yaitu perubahan menuju pada arah yang lebih baik dan jemaah lebih berhati-hati untuk bersikap dalam rangka menjaga kesucian ibadah hajinya. Ketiga, Dampak alumni haji ditengah masyarkat memiliki dua sudut pandang, yaitu: (a) Duniawi, berdasarkan hubungan dengan manusia, seperti sikap kepedulian terhadap sesama; (b) Ukhrowi berdasarkan hubungan dengan Allah SWT., seperti peningkatan ibadah yang wajib maupun yang sunnah. Dengan demikian, penelitian ini menemukan bahwa manajemen mutu suatu penyelenggara ibadah haji menghasilkan outcome dari alumni jemaah haji yang mabrur dan memiliki manfaat yang fositif ditengah masyarakat.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Mutu; Penyelenggaraan |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah |
Depositing User: | Cecep Abdu Rohman |
Date Deposited: | 06 Jun 2018 07:14 |
Last Modified: | 06 Jun 2018 07:14 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10238 |
Actions (login required)
View Item |