Karimah, Nad'ul (2024) Upaya pemerintah desa dalam meningkatkan pendidikan masyarakat: Studi di Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (290kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (204kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (376kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (757kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (417kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari permasalahan pendidikan masyarakat di perdesaan masih rendah terhadap pendidikan hal ini di latarbelakangi oleh ekonomi keluarga yang kurang. Akibatnya, sebagian besar penduduk masih belum melampaui standar sekolah menengah pertama (SMP), Fenomena ini tentu menjadi kekhawatiran bagi Pemerintah Desa karena secara tidak langsung nantinya akan mempengaruhi kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian Pemerintah berupaya serius menangani berbagai persoalan di bidang pendidikan yaitu dengan memberikan pemberdayaan berupa program bantuan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, 1)Pendidikan masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat, 2)Faktor penyebab rendahnya pendidikan masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat, 3)Bantuan dari pemerintah untuk meningkatkan pendidikan masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat. Teori yang mendasari penelitian ini adalah Teori Pemberdayaan Masyarakat oleh Jim Ife. Menurut Jim Ife, pemberdayaan berarti memberikan sumber daya, peluang, pengetahuan, dan keterampilan kepada masyarakat, sehingga mereka dapat meningkatkan kemampuan untuk menentukan masa depan dan berperan aktif dalam mempengaruhi kehidupan di lingkungannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan studi pustaka pada penerima bantuan pendidikan di Desa Sukamanah, Kecamatan Rongga, Kabupaten Bandung Barat, yang memenuhi kriteria. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu memilih sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Terdapat lima orang informan utama, termasuk kepala desa dan aparat desa, Sembilan orang informan pendukung yaitu pendamping PKH dan penerima bantuan pendidikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat memiliki pendidikan yang rendah, sebagian besar hanya sampai sekolah menengah pertama (SMP). Akibatnya, mereka memiliki pemahaman yang terbatas tentang pendidikan. Sosial dan ekonomi yang tidak memadai adalah penyebabnya. Oleh karena itu, pemerintah desa berusaha untuk mendukung pendidikan melalui bantuan seperti Program Keluarga Harapan (PKH), bantuan untuk membangun atau memperbaiki sekolah non-formal, dan insentif untuk guru sekolah non-formal. Ini adalah hasil dari upaya pemerintah, yang diakui oleh masyarakat dengan antusias dan mendukung program bantuan pendidikan yang telah direncanakan dan dijalankan, menunjukkan bahwa pemanfaatan juga berjalan dengan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan masyarakat; pemberdayaan; faktor ekonomi; bantuan pendidikan |
Subjects: | Customs of People |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Nad'ul Karimah |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 07:31 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 07:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102409 |
Actions (login required)
View Item |