Taranisa, Adhis (2024) Optimalisasi program penderekan kendaraan bermotor dalam penertiban pelanggaran parkir oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (318kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (305kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (285kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (853kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (191kB) | Request a copy |
Abstract
Bandung sebagai pusat aktivitas Provinsi Jawa Barat telah menciptakan kebutuhan mobilitas yang tinggi di antara penduduk perkotaan. Dengan jumlah kendaraan mencapai lebih dari dua juta unit, dampaknya terasa pada keterbatasan ruang parkir di berbagai lokasi yang selanjutnya menciptakan banyak pelanggaran parkir. Sebagai respon atas masalah ini, Dinas Perhubungan Kota Bandung meluncurkan program penderekan kendaraan bermotor yang bertujuan untuk memberitahukan kepada masyarakat mengenai larangan pelanggaran parkir, baik itu di bahu jalan hingga di trotoar. Permasalahan yang diangkat meliputi sejauh mana optimalisasi program penderekan kendaraan bermotor yang dilakukan oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung dalam penertiban pelanggaran parkir di Kota Bandung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana optimalisasi program penderekan kendaraan bermotor oleh Dinas Perhubungan Kota Bandung dengan berpedoman pada teori optimalisasi oleh Siringoringo (2005), di mana dalam teori ini terdapat tiga dimensi yang meliputi tujuan, sumber daya yang membatasi, dan alternatif keputusan. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun peneliti mengambil lima informan yang diputuskan berdasarkan teknik purposive sampling. Keabsahan data diuji melalui uji kredibilitas data yang dilakukan dengan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, dan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa belum optimalnya program penderekan kendaraan bermotor disebabkan oleh tidak tercapainya indikator maksimalisasi dan minimalisasi dalam dimensi tujuan, terbatasnya sumber daya manusia dan penunjang dalam dimensi sumber daya yang membatasi, serta kurangnya ketegasan dalam pengambilan keputusan dalam dimensi alternatif keputusan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi; Program penderekan kendaraan bermotor; Pelanggaran parkir |
Subjects: | Public Administration |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik |
Depositing User: | Adhis Taranisa |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 07:29 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 07:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102497 |
Actions (login required)
View Item |