Alfiani, Yunita Dwi (2024) Strategi komunikasi politik pasangan Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum dalam pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawab Barat tahun 2018. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER YAAA.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAKK.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR-DAFTAR.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text (BAB l)
BAB 1 YA.pdf Download (307kB) | Preview |
|
Text (BAB ll)
BAB 2 YA.pdf Restricted to Registered users only Download (127kB) |
||
Text (BAB lll)
BAB 3 YA.pdf Restricted to Registered users only Download (76kB) |
||
Text (BAB lV)
BAB 4 YA.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
BAB 5 YA.pdf Restricted to Registered users only Download (41kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAPUS (2).pdf Restricted to Registered users only Download (173kB) |
Abstract
Penelitian ini menganalisis strategi komunikasi politik Ridwan Kamil dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Jawa Barat tahun 2018 dengan mengacu pada teori komunikasi politik Anwar Arifin dan teori marketing politik Niffenegger. Fokus utama penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana Ridwan Kamil dan tim kampanyenya menerapkan teori Arifin mengenai merawat ketokohan, kelembagaan, dan membangun konsensus, serta teori Niffenegger yang mencakup 4P: Product, Promotion, Price, dan Place. Metode penelitian kualitatif digunakan untuk menggali informasi secara mendalam, dengan wawancara sebagai teknik utama, yang melibatkan narasumber dari Partai Nasdem untuk memperoleh data yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ridwan Kamil berhasil menjaga dan memperkuat citranya melalui strategi komunikasi yang terbuka dan transparan, sesuai dengan teori komunikasi politik Anwar Arifin. Tim kampanyenya secara efektif membangun kelembagaan politik dan menciptakan konsensus dengan mendengarkan kebutuhan masyarakat dan memberikan klarifikasi yang diperlukan. Di sisi lain, dalam konteks teori marketing politik Niffenegger, Ridwan Kamil menerapkan prinsip 4P dengan menonjolkan produk berupa visi dan misi, melakukan promosi intensif melalui media sosial, menetapkan harga berupa komitmen dan dedikasi, serta memilih tempat strategis untuk menyebarkan pesan kampanye. Penelitian ini mengungkapkan bahwa kombinasi antara strategi komunikasi politik yang terstruktur dan penerapan prinsip marketing politik 4P berkontribusi signifikan pada kesuksesan Ridwan Kamil dalam Pilkada Jawa Barat 2018. Dengan metode penelitian kualitatif, temuan ini memberikan wawasan mendalam mengenai efektivitas strategi yang digunakan, yang berhasil menjaga citra politik Ridwan Kamil dan membangun kepercayaan publik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye Politik; Komunikasi Politik; Partai Politik |
Subjects: | Social Process > Leadership |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Yunita Dwi Alfiani |
Date Deposited: | 12 Dec 2024 01:47 |
Last Modified: | 12 Dec 2024 01:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102514 |
Actions (login required)
View Item |