Pengaruh motivasi belajar terhadap kecemasan akademik siswa MTS Yasipa Kota Bandung

Savela, Reva (2024) Pengaruh motivasi belajar terhadap kecemasan akademik siswa MTS Yasipa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img] Text (COVER)
1_cover

Download (78kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak

Download (71kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi

Download (76kB)
[img] Text (BAB I)
4_bab1

Download (100kB)
[img] Text (BAB II)
5_bab2
Restricted to Registered users only

Download (198kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3
Restricted to Registered users only

Download (217kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4
Restricted to Registered users only

Download (248kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5
Restricted to Registered users only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka
Restricted to Registered users only

Download (146kB) | Request a copy

Abstract

INDONESIA: Kecemasan akademik merupakan masalah umum yang biasa dihadapi oleh siswa, kecemasan akademik ini seringkali dialami siswa terutama saat menghadapi ujian, sering kali dipicu oleh kurangnya motivasi belajar, karena seseorang yang kurang minat terhadap materi pelajaran akan cenderung merasa tidak percaya diri dalam menghadapi tugas akademik, sehingga memunculkan kekhawatiran akan kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar dapat mempengaruhi kecemasan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel, yaitu berjumlah 140 siswa MTS Yasipa Kota Bandung. alat ukur yang digunakan adalah Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dan skala dari teori yang dikemukakan oleh Holmes (1991). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara motivasi belajar terhadap kecemasan akademik. ENGLISH: This study examined the relationship between learning motivation and academic anxiety among students. Employing a quantitative approach, specifically simple linear regression analysis, the research analyzed a saturated sample of 140 students from MTs Yasipa Bandung City. The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) and a scale adapted from Holmes' (1991) theory were utilized to measure the variables. Consistent with the hypothesis, the results indicated a significant negative correlation between learning motivation and academic anxiety, suggesting that higher levels of motivation are associated with lower levels of anxiety. These findings underscore the importance of fostering learning motivation to mitigate academic anxiety among students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar; kecemasan akademik; siswa
Subjects: Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty
Education > Psychology of Education
Divisions: Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi
Depositing User: Reva Savela
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:31
Last Modified: 24 Dec 2024 01:32
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102865

Actions (login required)

View Item View Item