Savela, Reva (2024) Pengaruh motivasi belajar terhadap kecemasan akademik siswa MTS Yasipa Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
Text (COVER)
1_cover Download (78kB) |
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak Download (71kB) |
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi Download (76kB) |
|
Text (BAB I)
4_bab1 Download (100kB) |
|
Text (BAB II)
5_bab2 Restricted to Registered users only Download (198kB) | Request a copy |
|
Text (BAB III)
6_bab3 Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
|
Text (BAB IV)
7_bab4 Restricted to Registered users only Download (248kB) | Request a copy |
|
Text (BAB V)
8_bab5 Restricted to Registered users only Download (68kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka Restricted to Registered users only Download (146kB) | Request a copy |
Abstract
INDONESIA: Kecemasan akademik merupakan masalah umum yang biasa dihadapi oleh siswa, kecemasan akademik ini seringkali dialami siswa terutama saat menghadapi ujian, sering kali dipicu oleh kurangnya motivasi belajar, karena seseorang yang kurang minat terhadap materi pelajaran akan cenderung merasa tidak percaya diri dalam menghadapi tugas akademik, sehingga memunculkan kekhawatiran akan kegagalan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana motivasi belajar dapat mempengaruhi kecemasan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif asosiatif kausal dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dimana seluruh populasi dijadikan sampel, yaitu berjumlah 140 siswa MTS Yasipa Kota Bandung. alat ukur yang digunakan adalah Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) dan skala dari teori yang dikemukakan oleh Holmes (1991). Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif antara motivasi belajar terhadap kecemasan akademik. ENGLISH: This study examined the relationship between learning motivation and academic anxiety among students. Employing a quantitative approach, specifically simple linear regression analysis, the research analyzed a saturated sample of 140 students from MTs Yasipa Bandung City. The Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) and a scale adapted from Holmes' (1991) theory were utilized to measure the variables. Consistent with the hypothesis, the results indicated a significant negative correlation between learning motivation and academic anxiety, suggesting that higher levels of motivation are associated with lower levels of anxiety. These findings underscore the importance of fostering learning motivation to mitigate academic anxiety among students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | motivasi belajar; kecemasan akademik; siswa |
Subjects: | Differential and Developmental Psychology > Psychology of Young People Twelve to Twenty Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Reva Savela |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 01:31 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 01:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102865 |
Actions (login required)
View Item |