Nurushobah, Neneng Siti (2024) Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter profil pelajar pancasila peserta didik. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (306kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftarisi.pdf Download (324kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf Download (810kB) | Preview |
|
|
Text (BAB II)
5_BAB2.pdf Download (757kB) | Preview |
|
Text (BAB III)
6_BAB3.pdf Restricted to Registered users only Download (880kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf Restricted to Registered users only Download (845kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB5.pdf Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (351kB) | Request a copy |
Abstract
Kurikulum merdeka adalah inovasi dalam pendidikan Indonesia yang dicetuskan oleh Nadiem Makarim yang bertujuan untuk mengembangkan potensi dan minat belajar peserta didik. Kurikulum ini memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam memilih minat belajar, mengurangi beban akademik, dan mendorong kreativitas guru. Dengan kurikulum merdeka diharapkan dapat membentuk karakter peserta didik dan berperilaku sesuai nilai-nilai profil pelajar pancasila. Kemajuan teknologi dapat berpengaruh pada pembentukan karakter peserta didik, baik secara positif maupun negatif, di zaman sekarang banyak peserta didik yang berperilaku kurang baik, maka dari itu kurikulum merdeka menerapkan karakter profil pelajar pancasila dimana peserta didik dibentuk menjadi karakter yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1). Mengidentifikasi manajemen kurikulum merdeka pada SMAIT se-Kecamatan Cicalengka. 2). Mendeskripsikan pembentukan karakter profil pelajar pancasila siswa pada SMAIT se-Kecamatn Cicalengka. 3). Menganalisis pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap pembentukan karakter profil pelajar pancasila pada SMAIT se-Kecamatan Cicalengka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian ex post facto. Sampel penelitian ini berjumlah 30 peserta didik di SMAIT se-Kecamatan Cicalengka menggunakan metode non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data melalui kuesioner. Adapun teknik analisis pada penelitian menggunakan bantuan program SPSS 25 dengan Analisis Instrumen (Validitas dan Reliabilitas), Analisis Parsial Indikator, Analisis Asumsi (Normalitas dan Linearitas), Uji Heteroskedastisitas, Uji Regresi Linear Sederhana, Uji Pengaruh (Koefisien Determinasi) dan Uji t. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Manajemen kurikulum merdeka di SMAIT se-Kecamatan Cicalengka masuk kedalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata seluruh indikator 3,42. 2) Pembentukan karakter profil pelajar pancasila peseerta didik di SMAIT se-Kecamatan Cicalengka masuk kedalam kategori tinggi dengan nilai rata-rata seluruh indikator 3,45. 3) Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap profil pelajar pancasila peserta didik 41%. Hasil uji t (secara parsial menunjukkan bahwa nilai sig t sebesar 0,00 < 0,05 dan nilai t hitung sebesar 4,408 > 1,65 t tabel, artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa manajemen kurikulum merdeka memiliki pengaruh terhadap pembentukan karakter profil pelajar pancasila peserta didik di SMAIT se-Kecamatan Cicalengka.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen kurikulum merdeka; karakter profil pelajar pancasila |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Neneng Siti Nurushobah |
Date Deposited: | 23 Dec 2024 01:44 |
Last Modified: | 23 Dec 2024 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102899 |
Actions (login required)
View Item |