Manajemen pelayanan penyelenggaraan manasik haji

Fadilah, Siti (2018) Manajemen pelayanan penyelenggaraan manasik haji. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (ABSTRAK)
2_abstrak.docx

Download (41kB)
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (83kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (256kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2018.

Download (384kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2018.

Download (374kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2018.

Download (115kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2018.

Download (109kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan penyelenggaraan manasik haji memerlukan sistem manajerial yang baik. Organisasi sebagai wadah dan suatu sistem yang digunakan untuk mencapai tujuan dan berbagai sasaran mengemban misi dan mewujudkan tujuannya. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, KBIH Yayasan Pondok Pesantren Cipasung menerapkan manajemen dalam pelayanan penyelenggaraan manasik Ibadah Haji. Maka dari itu, penulis tertarik untuk melaukan penelitian mengenai manajemen pelayanan penyelenggaraan manasik haji yang dilakukan oleh KBIH Yayasan Pondok Pesantren Cipasung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; (1)mengetahui mekanisme penyelenggraan manasik haji di KBIH yayasan Pondok Pesantren Cipasung (2). Untuk mengetahui pelayanan manasik haji di KBIH Yayasan Pondok Pesantren Cipasung.(3) Untuk mengetahui controlling yang dilakukan di KBIH Yayasan Pondok Pesantren Cipasung dalam pelaksanaan manasik haji. Penelitian ini bertolak pada pemikiran bahwa manajemen adalah pengaturan mengenai proses pemanfaatan Sumber Daya Manusia dan sumber-sumber lainnya secara efektif dan efesien untuk mencapai suatu tujuan tertentu. Manajemen mempunyai banyak fungi, yaitu: Planning (Perencanaan), Organizing (pengorganisasian), Actuating (pelaksanaan), Controlling (pengawasan) , Evaluating (evaluasi). Metode yang digunakan dalam penelitiian ini adalah metode deskriptif analisis. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara juga studi kepustakaan. Adapun sumber data penelitian terdiri dari sumber primer dan sekunder. Hasil penelitian menunjukan bahwa mekanisme dalam penyelenggaraan manasik haji KBIH Yayasan Pondok Pesantren Cipasung dilaukan dengan tahapan: a) Perencanaan dilakukan melalui rapat intern untuk merumuskan pelayanan pengelolaan manasik haji. b) Pengorganisasian dilakukan dengan membagi Sumber Daya Manusia dalam perusahaan ke dalam tugas-tugas beserta wewenangnya. c) Pelaksanaan yang dilakukan dengan cara mengumpulkan jamaah dan membimbingnya d) pengawasan yang dilakukan dengan melakukan koordinasi dan memantau semua kinerja. e) evaluasi dilakukan dengan cara mengkaji hasil yang telah dicapai. Pelayanan pelaksanaan manasik haji di KBIH Yayasan Pondok Pesantren Cipasung dilakukan dengan cara perekrutan, pendaftaran, bimbingan manasik haji dengan pembimbing yang mumpuni ilmunya, pemberangkatan jamaah haji sampai pemulangan jamaah haji ke Tanah Air. Kemudian Controlling yang dilakukan adalah dengan cara melakukan pengawasan baik dari pembimbing manasik haji, waktu dan tempat pelaksanaan manasik haji, materi yang disampaikan dalam manasik haji baik teori maupun praktek, juga sarana dan alat-alat praktek manasik haji.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pelayanan; Penyelenggaraan
Subjects: Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam > Haji
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Dakwah
Depositing User: siti fadilah asep
Date Deposited: 06 Jun 2018 07:32
Last Modified: 06 Jun 2018 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10295

Actions (login required)

View Item View Item