Sistem skorsing dengan pendekatan spiritual untuk meningkatkan disiplin siswa: Penelitian pada siswa kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri 27 Bandung

Safitri, Hany Ciima (2024) Sistem skorsing dengan pendekatan spiritual untuk meningkatkan disiplin siswa: Penelitian pada siswa kelas XII di Sekolah Menengah Atas Negeri 27 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar isi.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (295kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (306kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (819kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB)
[img] Text (DAFTAR ISI)
8_Daftar isi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB)

Abstract

Permasalahan kedisiplinan siswa di SMAN 27 Bandung, di mana data menunjukkan 35 persen siswa kelas XII terlambat masuk sekolah, 25 persen membolos, dan 15 persen terlibat pelanggaran tata tertib sekolah. Fenomena ini menunjukkan perlunya pendekatan baru dalam sistem penanganan kedisiplinan siswa yang tidak hanya berfokus pada aspek punitif tetapi juga mempertimbangkan aspek spiritual dalam pembentukan karakter siswa. Tujuan penelitian ini berfokus pada tiga aspek utama: (1) Kondisi awal perilaku disiplin siswa; (2) Proses penerapan sistem skorsing dengan pendekatan spiritual; (3) Hasil dari implementasi sistem tersebut di SMAN 27 Bandung. Ketiga fokus ini menjadi panduan dalam menganalisis pendekatan spiritual dalam sistem skorsing sekolah. Penelitian ini berlandaskan tiga konsep utama yaitu, sistem skorsing sebagai metode pengukuran perilaku siswa, pendekatan spiritual sebagai sarana penanaman nilai moral dan etika, serta disiplin siswa sebagai aspek fundamental dalam pembentukan karakter. Teori-teori ini memberikan kerangka konseptual dalam memahami hubungan antara sistem skorsing, spiritualitas, dan kedisiplinan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu memberikan gambaran sistematis tentang sistem skorsing dengan pendekatan spiritual untuk meningkatkan disiplin siswa. Adapun teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dengan bagian kesiswaan, koordinator BK, guru BK, dan siswa, serta studi dokumentasi. Pendekatan ini memungkinkan peneliti untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang implementasi dan dampak sistem skorsing dengan pendekatan spiritual. Hasil penelitian menunjukkan transformasi signifikan dalam perilaku disiplin siswa, ditandai dengan penurunan pelanggaran tata tertib sekolah dan peningkatan kesadaran spiritual. Perubahan paling mendasar terlihat pada pola pikir siswa yang mulai memandang disiplin sebagai bagian integral dari ibadah, bukan sekadar kepatuhan terhadap aturan. Dampak positif program ini juga terlihat dalam peningkatan kedisiplinan siswa di lingkungan rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa; Pendekatan Spiritual; Sistem Skorsing
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Discipline
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Hany Ciima Safitri
Date Deposited: 24 Dec 2024 06:29
Last Modified: 24 Dec 2024 06:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/102956

Actions (login required)

View Item View Item