Hidayat, Yusup (2024) Pengembangan multimedia interaktif terintegrasi augmented reality berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi golongan halogen. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB I.pdf Download (144kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (311kB) |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (223kB) |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (67kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
Abstract
Pembelajaran materi kimia unsur yang berfokus pada guru dan menggunakan metode hafalan dapat menyebabkan peserta didik merasa bosan dan kurang aktif dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan adanya media pembelajaran inovatif yang dapat meningkatkan minat dan partisipasi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, menganalisis hasil uji validasi dan hasil uji kelayakan multimedia interaktif terintegrasi augmented reality berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi golongan halogen. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan mengadopsi model penelitian ADDIE yang meliputi tiga tahapan yaitu analisis, perancangan, dan pengembangan. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi analisis konsep, peta konsep, flowchart, storyboard, lembar uji validasi, dan lembar uji kelayakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk media pembelajaran memenuhi kriteria valid dengan nilai rata-rata rhitung dari semua aspek sebesar 0,92 dan jauh lebih besar daripada nilai rkritis yang telah ditetapkan yaitu sebesar 0,3. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk multimedia interaktif terintegrasi augmented reality yang dibuat valid dengan interpretasi tinggi. Sedangkan hasil uji kelayakan memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 86,98% dengan kategori layak. Hasil tersebut menunjukkan bahwa multimedia interaktif terintegrasi augmented reality berorientasi keterampilan berpikir kritis pada materi golongan halogen layak diimplementasikan dalam proses pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | multimedia interaktif; augmented reality; berpikir kritis; golongan halogen |
Subjects: | Inorganic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Yusup Hidayat |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 07:59 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 07:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103042 |
Actions (login required)
View Item |