Putri, Sheny Andara (2024) Peningkatan kemampuan calistung melalui bimbingan belajar tambahan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
This is the latest version of this item.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (73kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (216kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (237kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (260kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (118kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah kesulitan belajar yang dialami siswa sekolah dasar kelas rendah, khususnya kelas II. Kesulitan belajar tersebut ditandai dengan kurang baik atau rendahnya penguasaan kemampuan Calistung (membaca, menulis dan berhitung) siswa. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan Calistung siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung sebelum mengikuti bimbingan belajar tambahan, 2) mengetahui bagaimana bimbingan belajar tambahan dilaksanakan atau dijalankan, 3) mengetahui kemampuan Calistung siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung setelah mengikuti bimbingan belajar tambahan, 4) mengetahui faktor pendukung dan penghambat peningkatan kemampuan Calistung siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung. Bimbingan belajar tambahan merupakan upaya pertolongan yang diselenggarakan di sekolah di luar jam pelajaran di kelas, baik secara terprogram, maupun berdasarkan inisiatif guru kelas/wali kelas, pertolongan ini ditujukan kepada individu atau kelompok dalam menyelesaikan masalah-masalah belajar dengan bantuan bimbingan langsung oleh guru kelas/wali kelas. Hipotesis pada penelitian ini adalah H_0 diterima dan H_a ditolak bila tidak adanya perbedaan antara nilai pretest dan posttest pada kemampuan Calistung (membaca, menulis dan berhitung) siswa setelah dilaksanakannya bimbingan belajar tambahan, sedangkan H_0 ditolak dan H_a diterima bila terdapat perbedaan antara nilai pretest dan posttest pada kemampuan Calistung (membaca, menulis dan berhitung) setelah dilaksanakannya bimbingan belajar tambahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix antara kuantitatif dan kualitatif), dengan jenis pendekatan embedded experimental model. Metode penelitiannya menggunakan metode pre-experiment dan metode deskriptif. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas II-A Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung, dengan jumlah 36 siswa. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa H_0 ditolak dan H_a diterima. Kemampuan membaca, menulis dan berhitung siswa kelas II-A memperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) sebesar < 0,001, yang mana nilai Sig. (2-tailed) tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest siswa. N-Gain Persen dari kemampuan membaca sebesar 44,58% (kurang efektif), sebesar 25,26% (tidak efektif) dari kemampuan menulis, dan sebesar 44,53% (kurang efektif) dari kemampuan berhitung. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, diperoleh informasi terkait pelaksanaan bimbingan belajar tambahan, serta faktor yang mempengaruhi kemampuan Calistung (membaca, menulis dan berhitung) siswa, faktor tersebut terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bimbingan belajar; berhitung; kemampuan calistung; membaca; menulis |
Subjects: | Elementary Education Elementary Education > Language Skills for Elementary Education Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education Elementary Education > Mathematics for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Sheny Andara Putri |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 08:29 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 08:29 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103071 |
Available Versions of this Item
- Peningkatan kemampuan calistung melalui bimbingan belajar tambahan siswa kelas II Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Kota Bandung. (deposited 21 Jan 2025 08:29) [Currently Displayed]
Actions (login required)
View Item |