Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi

Irmayani, Rinrin (2024) Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (323kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (461kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (643kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (534kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB)

Abstract

Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh siswa pada abad ke-21. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SSCS berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi. Digunakan metode quasi experimental dengan desain non-euivalent control group, melibatkan 58 siswa kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa soal essay berjumlah 16 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 26 dan microsoft excel, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest 40,2, rata-rata nilai posttest 61,7, sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 39,7, rata-rata nilai posttest 71,7, dan rata-rata respon siswa 81,4% kategori baik. Rata-rata nilai posttest pada setiap indikator keterampilan pemecahan masalah kelas kontrol dan kelas eksperimen yang paling tinngi yaitu pada indikator menyusun rencana penyelesaian, dan yang paling rendah yaitu indikator memahami masalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model SSCS berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi dengan nilai uji-t sebesar 0,000 < 0,05. Diperkuat dengan nilai effect size sebesar 1,35 kategori tinggi

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: flashcard; keterampilan pemecahan masalah; model search; solve; create; and share (SSCS); sistem ekskresi
Subjects: Human Physiology > Secretion, Excretion, Related Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Irmayani Rinrin
Date Deposited: 31 Dec 2024 02:47
Last Modified: 31 Dec 2024 02:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103085

Actions (login required)

View Item View Item