Irmayani, Rinrin (2024) Pengaruh model pembelajaran Search, Solve, Create, And Share (SSCS) berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (29kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (323kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (461kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (643kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (534kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (318kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) |
Abstract
Keterampilan pemecahan masalah merupakan salah satu aspek yang harus dimiliki oleh siswa pada abad ke-21. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran SSCS berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi. Digunakan metode quasi experimental dengan desain non-euivalent control group, melibatkan 58 siswa kelas VIII semester ganjil tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan berupa soal essay berjumlah 16 item. Analisis data menggunakan SPSS versi 26 dan microsoft excel, uji prasyarat, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas kontrol diperoleh rata-rata nilai pretest 40,2, rata-rata nilai posttest 61,7, sedangkan kelas eksperimen nilai rata-rata pretest 39,7, rata-rata nilai posttest 71,7, dan rata-rata respon siswa 81,4% kategori baik. Rata-rata nilai posttest pada setiap indikator keterampilan pemecahan masalah kelas kontrol dan kelas eksperimen yang paling tinngi yaitu pada indikator menyusun rencana penyelesaian, dan yang paling rendah yaitu indikator memahami masalah. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model SSCS berbantu flashcard terhadap keterampilan pemecahan masalah pada materi sistem ekskresi dengan nilai uji-t sebesar 0,000 < 0,05. Diperkuat dengan nilai effect size sebesar 1,35 kategori tinggi
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | flashcard; keterampilan pemecahan masalah; model search; solve; create; and share (SSCS); sistem ekskresi |
Subjects: | Human Physiology > Secretion, Excretion, Related Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Irmayani Rinrin |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:47 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103085 |
Actions (login required)
View Item |