Lestari, Ika (2024) Penerapan model pembelajaran project Citizen pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (159kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI..pdf Download (179kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (237kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (299kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (337kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (974kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil studi pendahuluan di kelas IV MI Terpadu Ar-Rifqi menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa disebabkan oleh model pembelajaran yang monoton, sehingga siswa cenderung merasa bosan saat belajar. Akibatnya siswa tidak memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila sebelum diterapkan model pembelajaran Project Citizen, (2) proses pembelajaran pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan menerapkan Project Citizen, (3) kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila setelah diterapkan model pembelajaran Project Citizen. Kerangka berpikir dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang rendah, setelah diterapkannya model pembelajaran Project Citizen, terjadi peningkatan pada kemampuan berpikir kritis siswa yang dibuktikan dari peningkatan kemampuan pada setiap tindakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua tindakan, dengan empat tahap setiap tindakan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini ada 20 siswa di kelas IV MI Terpadu Ar-Rifqi. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Peneltian ini menunjukkan bahwa pada tahap pra siklus pembelajaran tanpa Project Citizen menghasilkan nilai rata-rata siswa sebesar 54,5 dengan ketuntasan klasikal 37% yang dikategorikan sangat kurang. Pada siklus I rata-rata nilai meningkat menjadi 74,55 dengan ketuntasan klasikal 70%. Selanjutnya pada siklus II, rata-rata nilai meningkat menjadi 80,5 dengan ketuntasan klasikal 85%. Penelitian diangap selesai apabila ketuntasan klasikal mencapai 75% atau lebih. Dari hasil ini, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Project Citizen dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV MI Terpadu Ar-Rifqi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kemampuan berpikir kritis; model pembelajaran project citizen; pendidikan pancasila |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ika Lestari |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 06:23 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 06:23 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103115 |
Actions (login required)
View Item |