Implementasi manajemen pelayanan prima ibadah umrah pada Pt, Dna Tour and Travel Bandung

Hendarwin, Mohamad (2024) Implementasi manajemen pelayanan prima ibadah umrah pada Pt, Dna Tour and Travel Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
cover.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf

Download (257kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
Daftar ISI.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
BAB 1.pdf

Download (417kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (642kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran Penelitian Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh meningkatnya minat masyarakat untuk melaksanakan ibadah umrah yang sesuai dengan perintah Allah dan tuntunan Rasulullah yang benar, dengan harapan setiap ibadah yang dilakukan mendapatkan pahala yang mabrur, khususnya di wilayah Kota Bandung dan umumnya seluruh umat muslim di Indonesia. Pentingnya pelayanan prima dalam industri perjalanan umrah yang diberikan oleh biro travel, akan mempengaruhi tingkat kepuasan yang dirasakan oleh para jamaah selama dalam masa pelaksanaan ibadah umrah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan layanan yang dilakukan oleh PT. DNA Wisata Tour and Travel Bandung dalam pelaksanaan ibadah umrah. Penelitian ini akan mengidentifikasi dan menguraikan berbagai layanan yang disediakan oleh Perusahaan, fokusnya adalah memahami bagaimana setiap tahap layanan dirancang dan di implementasikan untuk memastikan kenyamanan dan kepuasan jamaah.Dengan menganalisis pengalaman jamaah, penelitian ini akan mengevaluasi efektivitas layanan dan mengidentifikasi area yang memerlukan peningkatan. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan yang berharga untuk perbaikan berkelanjutan dalam manajemen pelayanan prima ibadah umrah di PT. DNA Wisata Tour and Travel Bandung. Penelitian ini menggunakan teori layanan prima dari prihartono. Teori tersebut meliputi: penyedia layanan (service provider), penerima layanan (service receiver); jenis layanan, kepuasan pelanggan. Sedangkan untuk metode penelitian penulis menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan menggunakan paradigma dan pendekatan konstruktivisme dengan landasan Grounded Theory menurut sudut pandang Eko Murdiyanto dan Sugiyono, Tahap selajutnya teknik analisis data meliputi; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian dan simpulan penelitian menunjukkan bahwa PT. DNA Wisata Tour And Travel Bandung memberikan layanan prima dalam ibadah umrah melalui tiga tahap yaitu; sebelum keberangkatan, saat perjalanan, kedatangan jemaah ibadah umrah di tanah suci, dan kepulangan jamaah ibadah umrah ke tanah air. Mereka menawarkan fasilitas transportasi dan akomodasi hotel yang lengkap serta komunikasi efektif dengan paket internet tanpa biaya tambahan. Responden umrah termotivasi oleh ketaatan kepada Allah dan Rasul-Nya, dan memilih biro ini berdasarkan rekomendasi positif. Proses pendaftaran dan persiapan dianggap mudah dan tanpa kendala, sementara pelayanan selama perjalanan dinilai sangat baik dan profesional. Responden mengapresiasi bimbingan, informasi tata cara ibadah, serta komunikasi melalui grup WhatsApp dan layanan hot line, dengan harapan layanan ini terus meningkat di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: implementasi; manajemen; pelayanan prima
Subjects: General Management
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Manajemen Haji dan Umrah
Depositing User: Hendarwin Mohamad
Date Deposited: 15 Jan 2025 00:40
Last Modified: 15 Jan 2025 01:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103428

Actions (login required)

View Item View Item