Shafira, Wafa (2024) Pengembangan media pembelajaran Monopoli Sains pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (63kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (249kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (287kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (258kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (137kB) | Request a copy |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan analisis kelayakan media monopoli sains. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai metode penelitian yang terdiri dari Analysisis, mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah dalam pembelajaran. Design, merancang langkah pengembangan produk. Development, mewujudkan rancangan menjadi sebuah produk. Implementation, menerapkan produk yang telah dibuat. Evaluation, menilai kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul Falah. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, validator ahli media, dan validator ahli bahasa, serta uji praktikalitas yang diisi oleh pendidik/guru dan angket respon yang diisi oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan penggunaan media monopoli sains telah divalidasi dengan hasil uji validasi media sebesar 83,92% dengan kategori sangat valid, uji validasi materi sebesar 75% dengan kategori valid, dan uji validasi bahasa sebesar 90,62% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata sebesar 86,53%, dan respon peserta didik sebesar 84,63% dengan kriteria sangat tertarik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa model pembelajaran monopoli sains pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Pembelajaran; Monopoli Sains; Pencemaran Lingkungan |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education Biology > Education, Research, Related Topics of Biology Ecology > Population Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan |
Depositing User: | Wafa Shafira |
Date Deposited: | 16 Jan 2025 07:37 |
Last Modified: | 16 Jan 2025 07:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103504 |
Actions (login required)
View Item |