Pengembangan media pembelajaran Monopoli Sains pada materi pencemaran lingkungan

Shafira, Wafa (2024) Pengembangan media pembelajaran Monopoli Sains pada materi pencemaran lingkungan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (63kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (249kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (287kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (258kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan dan analisis kelayakan media monopoli sains. Model pengembangan ADDIE digunakan sebagai metode penelitian yang terdiri dari Analysisis, mengidentifikasi penyebab terjadinya masalah dalam pembelajaran. Design, merancang langkah pengembangan produk. Development, mewujudkan rancangan menjadi sebuah produk. Implementation, menerapkan produk yang telah dibuat. Evaluation, menilai kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini dilakukan di MTs Miftahul Falah. Subjek penelitian terdiri dari validator ahli materi, validator ahli media, dan validator ahli bahasa, serta uji praktikalitas yang diisi oleh pendidik/guru dan angket respon yang diisi oleh peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelayakan penggunaan media monopoli sains telah divalidasi dengan hasil uji validasi media sebesar 83,92% dengan kategori sangat valid, uji validasi materi sebesar 75% dengan kategori valid, dan uji validasi bahasa sebesar 90,62% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas menunjukkan nilai rata-rata sebesar 86,53%, dan respon peserta didik sebesar 84,63% dengan kriteria sangat tertarik. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini bahwa model pembelajaran monopoli sains pada materi pencemaran lingkungan dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran; Monopoli Sains; Pencemaran Lingkungan
Subjects: Elementary Education > Science for Elementary Education
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Ecology > Population Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Wafa Shafira
Date Deposited: 16 Jan 2025 07:37
Last Modified: 16 Jan 2025 07:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103504

Actions (login required)

View Item View Item