Rahman, Rival Fauzi (2024) Integrasi sistem pemetaan dan navigasi untuk pengembangan Micro Electric Vehicle (MEVi). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (93kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (105kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (106kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (287kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (282kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB VI)
9_Bab VI.pdf Restricted to Registered users only Download (75kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (125kB) |
Abstract
Kendaraan listrik otonom memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan mobilitas modern, termasuk efisiensi energi dan kemampuan navigasi mandiri. Navigasi yang efisien di lingkungan dinamis dan tak terstruktur tetap menjadi tantangan utama. Penelitian ini mengembangkan sistem navigasi Micro Electric Vehicle (MEVI) dengan memanfaatkan metode Hector SLAM untuk pemetaan dan Dynamic Window Approach (DWA) serta algoritma Dijkstra untuk navigasi. Sistem ini dirancang untuk mendeteksi rintangan, memetakan lingkungan, dan merencanakan jalur optimal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi metode ini berhasil meningkatkan akurasi navigasi. memungkinkan kendaraan bergerak sesuai dengan jalur yang direncanakan oleh DWA dan Dijkstra. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa sistem mampu merepresentasikan lingkungan, termasuk identifikasi posisi dan orientasi kendaraan dalam peta. Dalam uji navigasi, kendaraan berhasil mengikuti jalur yang direncanakan dan mencapai titik tujuan dengan tepat dengan akurasi 96.39%. Kombinasi Hector SLAM, DWA, dan Dijkstra memberikan performa optimal dalam aspek pemetaan dan perencanaan jalur, menjadikannya solusi yang efektif untuk navigasi otonom pada kendaraan listrik kecil.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hector SLAM; DWA; Dijkstra; MEVI; pemetaan; navigasi otonom |
Subjects: | Applied Physics Applied Physics > Electrical Engineering Applied Physics > Control Divices Applied Physics > Electronics Applied Physics > Electric and Related Motors Other Branches of Engineering > Engine of Vehicles Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro |
Depositing User: | Rival Fauzi Rahman |
Date Deposited: | 20 Jan 2025 07:27 |
Last Modified: | 20 Jan 2025 07:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103619 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |