Integrasi sistem pemetaan dan navigasi untuk pengembangan Micro Electric Vehicle (MEVi)

Rahman, Rival Fauzi (2024) Integrasi sistem pemetaan dan navigasi untuk pengembangan Micro Electric Vehicle (MEVi). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text (BAB VI)
9_Bab VI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (75kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)

Abstract

Kendaraan listrik otonom memainkan peran penting dalam mengatasi tantangan mobilitas modern, termasuk efisiensi energi dan kemampuan navigasi mandiri. Navigasi yang efisien di lingkungan dinamis dan tak terstruktur tetap menjadi tantangan utama. Penelitian ini mengembangkan sistem navigasi Micro Electric Vehicle (MEVI) dengan memanfaatkan metode Hector SLAM untuk pemetaan dan Dynamic Window Approach (DWA) serta algoritma Dijkstra untuk navigasi. Sistem ini dirancang untuk mendeteksi rintangan, memetakan lingkungan, dan merencanakan jalur optimal. Hasil pengujian menunjukkan bahwa kombinasi metode ini berhasil meningkatkan akurasi navigasi. memungkinkan kendaraan bergerak sesuai dengan jalur yang direncanakan oleh DWA dan Dijkstra. Hasil pemetaan menunjukkan bahwa sistem mampu merepresentasikan lingkungan, termasuk identifikasi posisi dan orientasi kendaraan dalam peta. Dalam uji navigasi, kendaraan berhasil mengikuti jalur yang direncanakan dan mencapai titik tujuan dengan tepat dengan akurasi 96.39%. Kombinasi Hector SLAM, DWA, dan Dijkstra memberikan performa optimal dalam aspek pemetaan dan perencanaan jalur, menjadikannya solusi yang efektif untuk navigasi otonom pada kendaraan listrik kecil.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hector SLAM; DWA; Dijkstra; MEVI; pemetaan; navigasi otonom
Subjects: Applied Physics
Applied Physics > Electrical Engineering
Applied Physics > Control Divices
Applied Physics > Electronics
Applied Physics > Electric and Related Motors
Other Branches of Engineering > Engine of Vehicles
Other Branches of Engineering > Automatic Control Engineering
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Elektro
Depositing User: Rival Fauzi Rahman
Date Deposited: 20 Jan 2025 07:27
Last Modified: 20 Jan 2025 07:27
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103619

Actions (login required)

View Item View Item