Sari, Desi Rosdiana (2018) Tanggapan Siswa Terhadap Penggunaan Metode Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Hubungannya dengan Soft Skill Siswa: Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunsn Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (158kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (440kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (624kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (464kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (835kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (280kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada siswa yang menunjukkan kurangnya minat bertanya, tidak memiliki keberanian mengajuka n pendapat, suasana belajar yang pasif, dan kurangnya interaksi serta komunikas i antar peserta didik maupun interaksi dengan guru. Kondisi pembelajaran seperti ini membuat peserta didik kurang memiliki soft skill selama proses pembelajaran PAI berlangsung. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan metode pembelajaran TGT dalam proses pembelajaran. TGT merupakan metode pembelajaran yang membagi siswa ke dalam kelompok - kelompok kecil. Dengan demikian, metode pembelajaran melalui pengelompokka n siswa pada kelompok-kelompok kecil, mampu memunculkan soft skill siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament), realitas soft skill siswa pada mata pelajaran PAI, serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan soft skill siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi. Penelitian ini bertolak pada asumsi teoretik bahwa soft skill siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya penggunaan metode belajar. Dari asumsi teori ini maka diajukan hipotesis yaitu semakin baik penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament) maka semakin baik soft skill siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelit ian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah ada hubungan antara variabel X (tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament)) dan variabel Y (soft skill siswa pada mata pelajaran PAI). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT memperoleh nilai rata-rata 4,34 dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 3,6 – 4,5. Soft skill siswa pada mata pelajaran PAI diperoleh rata-rata 4,09 dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 3,6 - 4,5. Sedangkan hubungan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT dengan soft skill siswa diperoleh nilai korelasi sebesar 0,36 dengan kualifikasi rendah karena berada pada interval 0,200 – 0,399. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan t hitung 2,12 > ttabel 2,042. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada hubungan antara variabel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 7% artinya masih ada pengaruh lain sebesar 93% yang mempengaruhi soft skill siswa pada mata pelajaran PAI baik faktor internal maupun eksternal.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Pembelajaran TGT; Soft Skill Siswa: PAI |
Subjects: | Arabic Applied Psychology Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an Al-Hadits dan yang Berkaitan Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam Analysis, Theory of Functions |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Desi Rosdiana Sari |
Date Deposited: | 08 Jun 2018 07:57 |
Last Modified: | 08 Jun 2018 07:57 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/10365 |
Actions (login required)
View Item |