Tanggapan Siswa Terhadap Penggunaan Metode Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Hubungannya dengan Soft Skill Siswa: Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi

Sari, Desi Rosdiana (2018) Tanggapan Siswa Terhadap Penggunaan Metode Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) Hubungannya dengan Soft Skill Siswa: Penelitian Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi. Diploma thesis, UIN Sunsn Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (158kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (267kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (624kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (464kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (835kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (280kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya masalah pada siswa yang menunjukkan kurangnya minat bertanya, tidak memiliki keberanian mengajuka n pendapat, suasana belajar yang pasif, dan kurangnya interaksi serta komunikas i antar peserta didik maupun interaksi dengan guru. Kondisi pembelajaran seperti ini membuat peserta didik kurang memiliki soft skill selama proses pembelajaran PAI berlangsung. Salah satu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan penggunaan metode pembelajaran TGT dalam proses pembelajaran. TGT merupakan metode pembelajaran yang membagi siswa ke dalam kelompok - kelompok kecil. Dengan demikian, metode pembelajaran melalui pengelompokka n siswa pada kelompok-kelompok kecil, mampu memunculkan soft skill siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui realitas penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament), realitas soft skill siswa pada mata pelajaran PAI, serta hubungan antara tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dengan soft skill siswa pada mata pelajaran PAI di kelas VII SMP Negeri 2 Cileunyi. Penelitian ini bertolak pada asumsi teoretik bahwa soft skill siswa dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya penggunaan metode belajar. Dari asumsi teori ini maka diajukan hipotesis yaitu semakin baik penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament) maka semakin baik soft skill siswa pada mata pelajaran PAI. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelit ian korelasi yaitu penelitian yang berusaha melihat apakah ada hubungan antara variabel X (tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT (Team Games Tournament)) dan variabel Y (soft skill siswa pada mata pelajaran PAI). Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa tanggapan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT memperoleh nilai rata-rata 4,34 dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 3,6 – 4,5. Soft skill siswa pada mata pelajaran PAI diperoleh rata-rata 4,09 dengan kualifikasi baik karena berada pada interval 3,6 - 4,5. Sedangkan hubungan siswa terhadap penggunaan metode pembelajaran TGT dengan soft skill siswa diperoleh nilai korelasi sebesar 0,36 dengan kualifikasi rendah karena berada pada interval 0,200 – 0,399. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan t hitung 2,12 > ttabel 2,042. Dengan demikian dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima artinya ada hubungan antara variabel X dan variabel Y dan memiliki pengaruh sebesar 7% artinya masih ada pengaruh lain sebesar 93% yang mempengaruhi soft skill siswa pada mata pelajaran PAI baik faktor internal maupun eksternal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Metode Pembelajaran TGT; Soft Skill Siswa: PAI
Subjects: Arabic
Applied Psychology
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahan dalam Bahasa Indonesia
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an
Al-Hadits dan yang Berkaitan
Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam
Analysis, Theory of Functions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Rosdiana Sari
Date Deposited: 08 Jun 2018 07:57
Last Modified: 08 Jun 2018 07:57
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10365

Actions (login required)

View Item View Item