Rianti, Meisy (2025) Perbandingan model problem Based Learning dengan Discovery Learning berbantu E-LKPD terhadap keterampilan argumentasi ilmiah materi sistem reproduksi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (281kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (298kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (25kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (185kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran (10).pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Keterampilan argumentasi ilmiah merupakan komponen krusial dalam pendidikan sains termasuk biologi di abad ke-21. Keterampilan argumentasi ilmiah yang dimiliki siswa masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbandingan antara model Problem Based Learning dengan Discovery Learning berbantu E-LKPD terhadap keterampilan argumentasi ilmiah pada materi system reproduksi. Jenis penelitian quasi eksperimen menggunakan non-equivalent control group design. Instrumen penelitian yang digunakan ialah lembar observasi, soal pretest-posttest, dan angket. Populasi penelitian ialah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Pasundan 1 Bandung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan ialah purposive sampling. Sampel penelitian terdiri dari kelas XI MIPA 3 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI MIPA 5 sebagai kelas eksperimen 2. Data hasil nilai rata-rata pretest kelas eksperimen 1 yaitu sebesar 39 dengan kategori kurang baik dan posttest sebesar 72 dengan kategori baik, sedangkan pada kelas eksperimen 2 memperoleh nilai pretest sebesar 34 dengan kategori sangat kurang baik dan posttest sebesar 63 dengan kategori cukup baik. Uji hipotesis menggunakan uji t (Independent Samples). Hasil penelitian menunjukkan thitung (6,61) > ttabel (2,00), sehingga dapat disimpulkan bahwa keterampilan argumentasi ilmiah siswa menggunakan model Problem Based Learning lebih baik dari Discovery Learning berbantu E-LKPD pada materi sistem reproduksi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | Argumentasi ilmiah; Diccovery Learning; Problem Based Learning |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teaching Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Meisy Rianti |
Date Deposited: | 21 Jan 2025 01:34 |
Last Modified: | 21 Jan 2025 01:34 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103652 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |