Kusumah, Hazmi Jaya (2024) Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode quantum learning pada mata pelajaran PAI: Penelitian tindak kelas terhadap siswa kelas X SMK Piramida Rancaekek Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK .pdf Download (20kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (207kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (362kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (66kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (772kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran (21).pdf Restricted to Repository staff only Download (899kB) |
Abstract
Berdasarkan pengamatan sementara ditemukan sebagai berikut: Aktivitas belajar siswa di Smk Piramida belum maksimal. Untuk mengetahui persoalan tersebut, dicoba menggunakan metode Quantum Learning yaitu Metode Quantum Learning sebagai salah satu alternative dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, yang membawa siswa belajar dalam suasana yang lebih aman dan menyenangkan. Siswa akan lebih bebas dalam menemukan berbagai pengalaman baru dalam belajarnya, sehingga diharapkan dapat tumbuh berbagai kegiatan belajar siswa apakah penerapan metode Quantum Learning pada mata pelajaran PAI di kelas X SMK PIRAMIDA Rancaekek itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa atau tidak? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Aktivitas Siswa Sebelum Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PAI (2) Proses Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PAI, (3) Aktivitas Belajar Siswa Pada Setiap Siklus dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PAI. Penelitian ini adalah menggunakan PTK yang berupaya untuk mengetahui apakah penerapan metode Quantum Learning pada mata pelajaran PAI itu dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa atau tidak? bagi siswa X Piramida Rancaekek Kabupatan Bandung. Penelitian ini dilakukan terhadap siswa kelas X SMK Piramida Rancaekek Kabupaten Bandung pada semester I tahun ajaran 2022-2023. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Data yang diperoleh secara kualitatif data observasi, data tentang upaya peningkatan Quantum Learning. Data yang diperoleh secara kuantitatif adalah data tentang hasil belajar siswa diambil dengan memberikan lembar observasi kepada siswa yang berjumlah 15 soal pada setiap akhir siklus, data tentang hasil penelitian kegiatan siswa dengan menggunakan lembar penilaian siswa untuk setiap kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Aktivitas belajar Siswa Sebelum Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PAI termasuk kurang (33,33%); (2) Proses Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PAI kategori baik (80%); (3) Aktivitas Belajar Siswa Pada Setiap Siklus dengan Menggunakan Metode Quantum Learning Pada Mata Pelajaran PAI dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa secara sigifikan. Peningkatan ini ditunjukan oleh peningkatan rata-rata sebagai berikut: aktivitas siswa pra siklus (33,33%) siklus I (56,65%), Siklus II meningkat (70,15%),
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Quantum Learning dan aktivitas belajar |
Subjects: | Education Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Hazmi Jaya Kusumah |
Date Deposited: | 23 Jan 2025 01:35 |
Last Modified: | 23 Jan 2025 01:35 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103665 |
Actions (login required)
View Item |