Resti, Ria (2010) Hubungan antara sikap siswa terhadap guru dengan motivasi belajar pada bidang studi IPA siswa kelas VIII SMP X Baleendah Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (141kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (140kB) | Preview |
|
Text (BAB I SD IV)
4_bab1sd4.pdf Restricted to Registered users only Download (719kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
5_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
Abstract
Penelitian ini Berangkat dari fenomena yang ditemukan pada siswa kelas VIII SMP X Baleendah Bandung yang kurang memiliki motivasi belajar pada bidang studi IPA, diantarannya terlambat masuk kelas, tidak memperhatikan guru dengan seksama dalam proses belajar mengajar, ada yang bolos, keluar masuk kelas di jam belajar, mengobrol dengan teman di dalam kelas pada saat guru menjelaskan, sering tidak mengerjakan tugas atau PR bahkan ada siswa yang tidak mengumpulkan tugas yang diberikan guru. Sebagian siswa menyatakan gurunya kurang menyenangkan, siswa mengeluhkan mengenai cara mengajar dan perilaku guru dalam mengajar cara mengajar guru yang menoton seperti hanya membaca buku pelajaran dan meminta untuk menulis apa yang dibacakannya atau kadang-kadang dalam satu pelajaran hanya menulis atau menyalin tulisan yang ada di buku pelajaran. Ada juga guru yang jarang hadir ke kelas tetapi meninggalkan tugas yang banyak dan harus dikumpulkan pada hari itu juga, sehingga siswa merasa kewalahan dan tidak mengerti dengan materi tersebut. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini adalah Terdapat Hubungan Positif antara Sikap siswa terhadap guru dengan motivasi belajar pada siswa bidang studi IPA kelas VIII SMP X Bandung. Untuk mengetahui hubungan antara sikap siswa terhadap guru dengan motivasi belajar pada bidang studi IPA siswa SMP X kelas VIII Baleendah Bandung tahun ajaran 2011/ 2012, peneliti melakukan riset terhadap sampel sebanyak 40 orang dengan menggunakan tekhnik proportional sampling. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan korelasional, sedangkan metode yang digunakan adalah angket atau kuestioner, Alat ukur yang digunakan adalah skala sikap bersumber dari Trurstone dan motivasi belajar bersumber dari Johnson dan Johnson. Alat ukur dalam penelitian ini menggunakan skala Likert dan berskala ordinal, sehinga pengolahan datanya menggunakan Rank Spearman
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | guru; siswa; motivasi; sikap; |
Subjects: | Education > Psychology of Education |
Divisions: | Fakultas Psikologi > Program Studi Psikologi |
Depositing User: | Users 30 not found. |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 03:23 |
Last Modified: | 13 Nov 2018 01:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/1037 |
Actions (login required)
View Item |