Baitia, Atika (2024) Pemahaman konsep sabar dalam upaya pencegahan depresi pada remaja: Siswa kelas 12 SMKN Kiarapedes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (81kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (262kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (432kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (114kB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (364kB) |
||
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (63kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (133kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (456kB) |
Abstract
Masa remaja sering dikaitkan dengan tantangan emosional dan perilaku akibat perubahan internal dan tekanan lingkungan. Remaja menghadapi tugas-tugas perkembangan yang, jika diselesaikan dengan baik, dapat meningkatkan kebahagiaan dan penerimaan sosial serta mendukung kesiapan menghadapi fase kehidupan berikutnya. Data menunjukkan peningkatan prevalensi depresi pada remaja, seperti hasil Riskesdas 2018 yang mencatat 6,2% kasus depresi pada usia 15-24 tahun dan penelitian di Amerika Serikat yang menunjukkan kenaikan prevalensi pada tahun 2005 dari 8,7% menjadi 11,3% pada tahun 2014. Temuan ini menegaskan pentingnya perhatian terhadap kesehatan mental remaja dalam mendukung perkembangan mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep sabar dalam upaya pencegahan depresi pada remaja di SMKN Kiarapedes. Diharapkan penelitian ini dapat berguna bagi para remaja untuk upaya pencegahan depresi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara terpimpin, dan dokumentasi yang dilakukan secara langsung pada siswa kelas 12 SMKN Kiarapedes yang melibatkan delapan narasumber. Teknik analisis data yang digunakan menurut Sugiyono: Reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sabar menurut Imam Al-Ghazali, secara istilah, sabar adalah kemampuan untuk mengendalikan diri ketika hawa nafsu sedang memuncak atau kemampuan untuk memilih ketaatan kepada agama saat nafsu mendesak untuk dipenuhi. Menurut Beck dan Alford, depresi adalah gangguan psikologis yang ditandai oleh ketidakseimbangan dalam perasaan, pemikiran, dan perilaku seseorang. Depresi muncul ketika seseorang menghadapi masalah dalam aspek emosional, kognitif, motivasional, dan fisik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep sabar dalam upaya pencegahan depresi pada remaja di SMKN Kiarapedes berbeda-beda. Meskipun pendekatannya bervariasi, para narasumber menunjukkan bahwa kesabaran memiliki dampak signifikan terhadap stabilitas emosional mereka. Beberapa narasumber memilih refleksi diri, doa, dan aktivitas menyenangkan sebagai pelarian sementara untuk meredakan stres. Yang lain menggunakan praktik religius seperti istigfar dan Shalat untuk mencapai ketenangan batin. Ada pula yang menjaga kestabilan emosi dengan mengabaikan hal-hal negatif atau menulis jurnal sebagai media ekspresi. Kesimpulannya, kesabaran, baik melalui pendekatan religius maupun aktivitas positif, berperan penting dalam menjaga kesehatan mental, mencegah depresi, dan meningkatkan ketahanan emosional para narasumber.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | sabar; depresi; remaja |
Subjects: | Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | atika a baitia |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 06:44 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 06:44 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103715 |
Actions (login required)
View Item |