Ramadhita, Annisa (2024) Terapi Murottak A-Qur'an dalam meningkatkan kualitas akhlak siswa di MI Miftahul Jannah Desa Wanakerta Kecamatan Bungursari Purwakarta. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar isi.pdf Download (155kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
Bab 1.pdf Download (353kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
Bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (391kB) |
||
Text (BAB III)
Bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
||
Text (BAB IV)
Bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (618kB) |
||
Text (BAB V)
Bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (158kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
Daftar pustaka.pdf Restricted to Repository staff only Download (227kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (586kB) |
Abstract
Al-Qur’an adalah pedoman hidup umat Islam yang diturunkan Allah sebagai mukjizat bagi Nabi Muhammad. Sebagai sumber hukum Islam yang utama, Al-Qur’an juga memiliki nilai dalam pendidikan dan pembentukan akhlak. Pengajaran Al-Qur’an bisa dilaksanakan melalui murottal yang memiliki efek terapi, seperti meredakan stres dan meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Dalam pendidikan Islam, pengenalan Al-Qur’an sejak dini sangat penting, karena Al-Qur’an mengajarkan akhlak yang baik yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pendekatan yang diterapkan di MI Miftahul Jannah adalah pembacaan murottal Al-Qur’an setiap pagi, yang bertujuan untuk menanamkan akhlak mulia dan memperkuat kecerdasan spiritual siswa, sehingga bisa mencapai kebahagiaan dunia dan akhirat. Penelitian ini bertujuan untuk melihat dampak penerapan murottal Al-Qur'an terhadap peningkatan kualitas akhlak siswa di MI Miftahul Jannah, yang terletak di Desa Wanakerta, Kecamatan Bungursari, Purwakarta. Murottal Al-Qur'an, yang melibatkan pembacaan Al-Qur'an dengan tartil, diterapkan untuk membentuk karakter dan memperbaiki akhlak siswa. Dalam penelitian ini, digunakan metode kualitatif deskritif dengan jenis data primer dengan melakukan wawancara dengan pihak sekolah melihat penerapan murottal Al-Qur'an dapat mempengaruhi perubahan perilaku dan sikap siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menggali secara mendalam bagaimana teknik murottal dapat berkontribusi pada pembentukan karakter yang lebih baik dan peningkatan kualitas akhlak siswa melalui pengamatan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa penerapan murottal Al-Qur'an di MI Miftahul Jannah memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas akhlak siswa. Terjadi kedisiplinan, kesopanan, dan tanggung jawab siswa. Pelaksanaan murottal Al-Qur’an sebelum kegiatan belajar dimulai menciptakan suasana yang tenang dan religius, yang tidak hanya membantu siswa untuk lebih fokus dalam proses pembelajaran, tetapi juga memotivasi untuk lebih mendalami ajaran agama. Selain itu, keterlibatan guru dan dukungan dari orang tua sangat penting. Penilaian secara berkala dan penyesuaian metode pelaksanaan diperlukan untuk memastikan bahwa efek positif dari terapi murottal dapat terjaga dan berlanjut dalam jangka panjang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa murottal Al-Qur'an tidak hanya berperan sebagai metode pembelajaran spiritual, tetapi juga sebagai alat yang efektif untuk membentuk karakter dan meningkatkan akhlak siswa. Dengan penerapan yang konsisten dan dukungan penuh dari semua pihak yang terlibat, murottal Al-Qur'an memiliki potensi besar untuk membantu menciptakan generasi yang berakhlak mulia.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Al-Qur’an; Kualitas Akhlak; Pendidikan Karakter |
Subjects: | Religious Education Islam Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Annisa Ramadhita |
Date Deposited: | 22 Jan 2025 07:09 |
Last Modified: | 22 Jan 2025 07:09 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103718 |
Actions (login required)
View Item |