Pendidikan pranatal dan postnatal pada ayat-ayat kisah keluarga ‘Imran dalam Al-qur’an dan hubungannya dengan pola pengasuhan Kinship Care: Analisis semiotika A.J. Greimas

Kafiyah, Fitroh Ni'matul (2024) Pendidikan pranatal dan postnatal pada ayat-ayat kisah keluarga ‘Imran dalam Al-qur’an dan hubungannya dengan pola pengasuhan Kinship Care: Analisis semiotika A.J. Greimas. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (197kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (338kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (355kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab50125.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka01.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan pranatal dan postnatal memainkan peran penting dalam kesehatan dan perkembangan anak, dimulai dari periode sebelum kelahiran hingga masa awal kehidupannya. Pendidikan pranatal dan postnatal menjadi semakin penting di Indonesia karena peranannya dalam mendukung kesehatan dan perkembangan anak sejak dini. Dalam Islam, kisah keluarga ‘Imran di Al-Qur'an menekankan pentingnya pendidikan dan pengasuhan anak sejak sebelum lahir. Banyak anak di Indonesia diasuh oleh kerabat karena orang tua bekerja di luar negeri, menimbulkan tantangan kinship care seperti kurangnya dukungan finansial dan akses kesehatan secara fisik maupun emosional anak. Dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya pendidikan dini, dibutuhkan solusi yang mengintegrasikan nilai agama dan praktik modern untuk meningkatkan kesejahteraan anak dan keluarga. Penelitian ini bertujuan mengembangkan strategi yang efektif dalam mendukung pendidikan pranatal dan postnatal di era modern. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi kisah keluarga ‘Imran dalam ayat-ayat Al-Qur’an, menganalisis relevansi antara hasil Semiotika A.J. Greimas terhadap ayat-ayat Kisah Keluarga ‘Imran dengan pola pendidikan pranatal dan pengasuhan anak pada masa postnatal, dan untuk mengetahui pola pengasuhan Kinship Care yang dilakukan oleh keluarga ‘Imran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan untuk mengkaji pendidikan pranatal dan postnatal dalam kisah keluarga ‘Imran di Al-Qur'an serta relevansinya dengan pengasuhan kinship care. Metode ini menekankan analisis semiotika A.J. Greimas dengan menganalisis narasi aktansial dari ayat-ayat yang berkaitan dengan kisah keluarga ‘Imran, untuk mengeksplorasi makna dalam teks-teks Al-Qur'an yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai dalam kisah keluarga ‘Imran, seperti penerimaan, persiapan mental dan spiritual, lingkungan yang mendukung, serta dukungan emosional dan fisik, dapat diterapkan dalam pengasuhan anak untuk membentuk karakter dan moral yang kuat. Pola pengasuhan kinship care yang dilakukan oleh keluarga ‘Imran, terutama peran Zakariya sebagai wali asuh Maryam, menyoroti pentingnya keamanan, dukungan finansial, dialog, dan penghargaan, yang relevan dengan konteks pengasuhan saat ini. Penelitian ini juga menemukan bahwa pola pendidikan keluarga ‘Imran efektif dalam membentuk karakter Maryam, dan pendekatan ini dapat diadaptasi untuk mendukung kesejahteraan anak dalam pengasuhan kekerabatan modern. Kata Kunci: Pranatal, Postnatal, Kinship Care, A.J. Greimas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: tidak ada lampiran
Uncontrolled Keywords: Pranatal; Postnatal; Kinship Care; A.J. Greimas
Subjects: Gospel and Acts
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Cerita dan Kisah dari Al-Qur'an
Philosopy and Theory > Semiotics
Human Physiology > Child Development
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Ilmu Al-Quran dan Tafsir
Depositing User: fika kafiyah
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:25
Last Modified: 23 Jan 2025 07:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103750

Actions (login required)

View Item View Item