pengembangan krikulum bahasa Arab bagi muslim Non Arab

Ali, Qarsshat Mohammed Shakir (2025) pengembangan krikulum bahasa Arab bagi muslim Non Arab. Doktoral thesis, UIN Sunan Gunung Jati bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (270kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (463kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab I.pdf

Download (509kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_babii.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB III)
7_BABIII.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
8-BABIV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (379kB)

Abstract

Bahasa Arab secara historis telah menghadapi berbagai upaya untuk melemahkannya di negara-negara Arab dan negara-negara Islam non-Arab oleh para penjajah. Akibat dari upaya-upaya ini terlihat jelas saat ini dalam penurunan dan melemahnya kemahiran berbahasa di dunia Arab. Serangan-serangan yang terus-menerus terhadap bahasa Arab ini telah memberikan dampak negatif yang signifikan, terutama dalam pengajaran bahasa Arab kepada Muslim non-Arab. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan kurikulum pengajaran bahasa Arab bagi Muslim non-Arab yang didasarkan pada teori pendidikan Islam. Pertanyaan penelitian difokuskan pada kurikulum saat ini yang digunakan oleh lembaga pendidikan (Institut Universitas), kurikulum yang dikembangkan, implementasinya, dan akhirnya evaluasinya. Peneliti menggunakan metodologi Research and Development (R&D) untuk mengembangkan kurikulum bahasa Arab bagi Muslim non-Arab dan mengukur efektivitasnya dengan menggunakan desain quasi-experimental yang melibatkan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sampel penelitian terdiri dari 122 siswa dari total populasi 500 siswa. Peneliti menggunakan observasi, wawancara, dan tes sebagai alat penelitian, serta analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, ANOVA, dan uji Chi-square. Eksperimen ini dilakukan di Institut Universitas - Universitas Islam Negeri di Bandung, dari Agustus 2023 hingga Juni 2024. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kurikulum yang saat ini digunakan oleh lembaga pendidikan (sebagai model untuk kurikulum yang digunakan dalam pengajaran bahasa Arab bagi non-Arab) tidak mendukung pengajaran dan pembelajaran bahasa Arab yang efektif. Bahkan, kurikulum tersebut berperan kontraproduktif, yang membuat siswa enggan untuk belajar bahasa Arab. Selain itu, hasil penelitian menunjukkan bahwa (2) & (3) penggunaan kurikulum yang dikembangkan untuk pengajaran bahasa Arab bagi Muslim non-Arab memiliki dampak signifikan dalam meningkatkan berbagai keterampilan bahasa Arab di kalangan siswa dalam kelompok eksperimen. Analisis statistik menunjukkan (4) adanya perbedaan signifikan dengan efek yang besar antara rata-rata skor siswa dalam kelompok eksperimen dan kelompok kontrol pada tes awal, di mana kelompok kontrol unggul, namun perbedaan ini hilang pada tes akhir. Selain itu, hasilnya menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor tes awal dan tes akhir siswa dalam kelompok eksperimen, di mana tes akhir menunjukkan hasil yang lebih baik dengan tingkat signifikansi kurang dari 0,001 (<0,001), yang menunjukkan efek yang besar.

Item Type: Thesis (Doktoral)
Subjects: Islam > Islamic Religious Education
Divisions: Pascasarjana Program Doktor > Program Studi Pendidikan Islam > Konsentrasi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Qarashat Assaraj
Date Deposited: 23 Jan 2025 07:11
Last Modified: 23 Jan 2025 07:11
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103752

Actions (login required)

View Item View Item