Penerapan bimbingan Tahfidz Al-Quran upaya meningkatkan kualitas perilaku keagamaan remaja : penelitian pada santri kelas Tahfidz di Pondok Pesantren Al-Amin Tasikmalaya

Nurawaliah, Siti Mastoah (2018) Penerapan bimbingan Tahfidz Al-Quran upaya meningkatkan kualitas perilaku keagamaan remaja : penelitian pada santri kelas Tahfidz di Pondok Pesantren Al-Amin Tasikmalaya. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (192kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (736kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (477kB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK SITI MASTOAH NURAWALIAH: Penerapan Bimbingan Tahfidz Al-Quran Upaya Meningkatkan Kualitas Perilaku Keagamaan Remaja (Penelitian Pada Santri Kelas Tahfidz Pondok Pesantren Al-Amin Tasikmalaya) Perilaku remaja saat ini mendekati pada perilaku negatif, seiring berkembangnya era globalisasi dengan gaya hidup bebas. Dalam pergaulan hidup remaja sekarang sudah tercampur dengan gaya hidup pergaulan dari luar negeri, hal ini menjadi dampak yang sangat besar bagi perilaku keagamaan remaja. Selain itu, perilaku keagamaan remaja itu dipengaruhi oleh berbagai faktor, yaitu perkembangan jasmani dan perkembangan rohani. Oleh karena itu remaja perlu diarahkan untuk mencintai Al-Quran dan menjadikan Al-Quran sebagai pembimbing dalam kehidupannya agar perilaku remaja sesuai dengan tuntutan ajaran agama. Pondok pesantren Al-Amin mengadakan program kelas takhosus Al-Quran (kelas tahfidz) yang didalamnya dituntut untuk melakukan tahfidz Al-Quran dalam rangka membimbing perilaku keagamaan remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan bimbingan tahfidz Al-Quran upaya meningkatkan kualitas perilaku keagamaan remaja kelas takhosus Al-Quran (kelas tahfidz) di pondok pesantren Al-Amin. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa perilaku keagamaan remaja itu dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor dari linkungan, keadaan fisik dan keadaan psikis. Sehingga pondok pesantren Al-Amin mengadakan program takhosus Al-Quran (kelas tahfidz) untuk membimbing remaja agar mau mencintai dan menghafal Al-Quran. Dengan mencintai dan menghafal Al-Quran remaja akan merasakan dekat dan berteman dengan Al-Quran, sehingga tertanam dalam dirinya tanpa paksaan aturan-aturan yang sesuai dengan aturan Allah untuk menjaga kualitas perilaku keagamaannya. Penelitian ini dilakukan melalui pendekatan fenomenologi sebagai metode berorientasi untuk memahami, menggali dan menafsirkan arti dari peristiwa-peristiwa, fenomena-fenomena dan hubungan dengan orang-orang dalam situasi tertentu, teknik-teknik pengumpulan datanya bersifat empirik digunakan teknik observasi, wawancara mendalam kepada pembimbing tahfidz serta remaja di kelas takhosus Al-Quran, dan studi kepustakaan. Setelah terkumpul analisis dilakukan sesuai dengan kaidah dalam penelitian kualitatif. Hasil penelitian menggambarkan bahwa kualitas perilaku keagamaan remaja di pondok pesantren Al-Amin terarah oleh adanya penerapan bimbingan tahfidz pada kelas takhosus Al-Quran (kelas tahfidz) dalam upaya meningkatkan kualitas perilaku keagamaan remaja. Terlihat dari adanya peningkatan ibadah yang dirasakan oleh remaja di kelas takhosus Al-Quran (kelas tahfidz). Semua itu terwujud dalam peningkatan ibadah shalat, puasa dan akhlak remaja dengan sesama teman yang disadarkan oleh diri sendiri agar tidak boleh dengki atau mempunyai penyakit hati serta akhlak dalam mencintai Al-Quran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Bimbingan; Tahfidz Al-Quran; Perilaku Keagamaan; Remaja
Subjects: Islam > Islamic Ethics, Practice
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: SITI MASTOAH NURAWALIAH
Date Deposited: 09 Jul 2019 07:32
Last Modified: 09 Jul 2019 07:32
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10376

Actions (login required)

View Item View Item