Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Kifayatul Achyar

Harahap, Mardiah Hannum (2025) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Kifayatul Achyar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (152kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (717kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (429kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (831kB)
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data penelitian terdiri dari instrumen tes yang telah melewati uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran, serta instrumen non tes terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver dikategorikan sangat baik, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver dikategorikan positif.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Auditory Intellectually Repetition (AIR); Microsoft Math Solver
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika
Depositing User: Mardiah Hannum Harahap
Date Deposited: 31 Jan 2025 05:59
Last Modified: 31 Jan 2025 05:59
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103882

Actions (login required)

View Item View Item