Harahap, Mardiah Hannum (2025) Penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP : Penelitian kuasi eksperimen di MTs Kifayatul Achyar. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (152kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (717kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (713kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (429kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (831kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (48kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perlunya peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang didukung dari hasil studi pendahuluan yang dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung. Salah satu alternatif untuk mengatasi hal tersebut yaitu dengan menerapkan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi experiment. Populasi pada penelitian ini sebanyak 4 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas yaitu kelas VII-A sebagai kelas kontrol dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen yang dipilih melalui teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpulan data penelitian terdiri dari instrumen tes yang telah melewati uji validitas, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran, serta instrumen non tes terdiri dari lembar observasi keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa dan lembar angket sikap siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, keterlaksanaan aktivitas guru dan siswa pada proses pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver dikategorikan sangat baik, peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver lebih baik daripada siswa yang menggunakan model pembelajaran konvensional, sikap siswa terhadap penerapan model pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) berbantuan aplikasi Microsoft Math Solver dikategorikan positif.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis; Auditory Intellectually Repetition (AIR); Microsoft Math Solver |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mardiah Hannum Harahap |
Date Deposited: | 31 Jan 2025 05:59 |
Last Modified: | 31 Jan 2025 05:59 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103882 |
Actions (login required)
View Item |