Hidayat, Robbie (2024) Metode dakwah Ustaz Muhammad Isa dalam pembinaan keislaman penyandang disabilitas : Studi kasus di Yayasan Mihrab Qur'an Al-fatih Ujung Berung Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (278kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (250kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (247kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (96kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
||
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN (24).pdf Restricted to Repository staff only Download (441kB) |
Abstract
Penelitian ini penting dilakukan karena komunikasi persuasif berperan penting dalam membina keagamaan pada santri penyandang disabilitas, terutama di era modern yang penuh dengan tantangan dari pengaruh lingkungan saat ini. Peneltian ini diharapkan memberikan jawaban yang jelas mengenai komunikasi persuasif Ustaz Muhammad Isa dalam membina akhlak santri penyandang disabilitas dan memberikan konstribusi yang signifikan terhadap pengembangan ilmu komunikasi dalam dunia pendidikan keislaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis metode dakwah yang digunakan oleh Ustaz Muhammad Isa dalam membina keagamaan penyandang disabilitas di Yayasan Mihrab Qur'an Al-fatih. Dengan memahami metode dakwah yang efektif bagi penyandang disabilitas, diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mengembangkan pendekatan dakwah yang inklusif dan ramah bagi kelompok masyarakat yang memiliki kebutuhan khusus. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif Carl Hovland tahun 1950 an, yang menjelaskan bagaimana komunikasi persuasif bisa mengubah cara berfikir bertindak, dan sikap seseorang. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi persuasif Carl Hovland dari tahun 1963, yang menguraikan proses komunikasi persuasif melalui tiga tahapan saling terkait. Pertama, tahap atensi yang merujuk pada proses membangun perhatian penerima pesan. Kedua, komprehensi yang menjelaskan bagaimana individu memahami pesan sesuai dengan konteks pengetahuan dan pengalaman mereka. Ketiga, akseptensi yang menggambarkan tahap penerimaan pesan. Penellitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretif. Adapun sumber pengumpulan data adalah melalui observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Sumber data primer dalam peneli.tian ini berupa hasil wawancara, hasil observasi lapangan, data-data mengenai objek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa metode komunikasi persuasif Carl Hovland yang di dalam tahapanya ada attention, komprehension dan acception sangat efektif dalam membina keagamaan yang dilakukan oleh Ustaz Muhammad Isa pada santri penyandang disabilitas, selain santri , Ustaz Muhammad Isa telah berhasil menjadi teladan yang baik bagi para orang tua santri, karena faktor eksternal yang datang dari orang tua santri sangat berpengaruh pada santri penyandang disabilitas. Implikasi yang muncul secara sosial dari pembinaan keagamaan pada santri penyandang disabilitas yang berdampak positif pada relasi sosial mereka di masa depan. Dengan demikian peneletian tidak hanya berdampak pada pembinaan akhlak individu, melainkan pada peran lembaga pembinaan keislaman dan pembangunan masyarakat yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode dakwah; penyandang disabilitas; pembinaan keislaman |
Subjects: | Islam > Muslims Persons, Imams Islam > Islamic Leaders Islam > Da'wah Islam > Islamic Religious Education |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Robbie Awalinda Hidayat |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 01:27 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 01:27 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/103984 |
Actions (login required)
View Item |