Fadlilah, Muhammad Furqon (2024) Pemanfaatan transformer untuk peringkasan teks: Studi kasus pada transkripsi video pembelajaran. Pemanfaatan transformer untuk peringkasan teks: Studi kasus pada transkripsi video pembelajaran, 6 (3). ISSN 2685-3310
|
Text
6342-Article Text-26851-1-10-20250126.pdf Download (506kB) | Preview |
Abstract
Dalam era digital, video pembelajaran semakin banyak digunakan, namun sering kali berisi informasi yang kurang relevan, sehingga menyulitkan pemahaman kontennya. Penelitian ini mengusulkan pendekatan berbasis model Whisper dan T5 untuk menghasilkan ringkasan teks dari hasil transkripi video pembelajaran di YouTube. Whisper digunakan untuk transkripsi suara ke teks, dengan fokus pada varian model yang menawarkan Word Error Rate (WER) rendah dan efisiensi waktu. Selanjutnya, model T5 dilatih ulang (fine-tuned) untuk menghasilkan ringkasan teks yang akurat, dengan strategi pembagian transkrip menjadi segmen untuk mengatasi batasan panjang input model. Praproses teks tidak digunakan karena menghasilkan kualitas evaluasi yang lebih baik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kombinasi Whisper Turbo dan model T5 yang telah dioptimalkan memberikan performa terbaik, dengan nilai F1-Score pada metrik ROUGE sebesar 39,23 (ROUGE-1), 13,17 (ROUGE-2), dan 23,84 (ROUGE-L). Pendekatan ini berhasil menghasilkan ringkasan teks yang lebih relevan dan komprehensif, serta meningkatkan efektivitas pembelajaran berbasis video. Dengan demikian, penelitian ini memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan teknologi peringkasan teks pada video pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Data Processing, Computer Science > General Works on Specific Types of Computers Data Processing, Computer Science > Computer Performance Evaluation |
Divisions: | Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika |
Depositing User: | Muhammad Furqon Fadlilah |
Date Deposited: | 07 Feb 2025 09:05 |
Last Modified: | 07 Feb 2025 09:05 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |