Firdaus, Rio Mughni (2024) Penggunaan The Circular Model of SOME dalam dakwah di media sosial Instagram: Studi deskriptif pada akun Instagram @percikaniman. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (191kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (295kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (317kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (412kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (219kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (233kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
Lampiran (33).pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Instagram, sebagai platform media sosial yang populer, efektif digunakan untuk dakwah. Yayasan Percikan Iman (YPI) memanfaatkan Instagram sebagai media dakwah. Akun Instagram @percikaniman berfungsi sebagai media komunikasi berbagai konten dakwah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahap pembagian konten (share), tahap optimalisasi konten (optimize), tahap pengelolaan konten (manage) dan tahap pengikutsertaan publik (engage), dalam akun media sosial instagram @percikaniman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Circular Model of SOME (Share, Optimize, Manage, dan Engage) oleh Regina Luttrel. Share merupakan tahap pembagian konten di media sosial, seperti Instagram. Optimize merupakan tahap mendengarkan, belajar, dan berpartisipasi dalam percakapan autentik dengan audience. Manage mengacu pada pengelolaan komunikasi yang responsif antara pengelola akun Instagram (seperti @percikaniman) dan pengikut. Engage berarti membangun hubungan yang kuat dengan audiens dan influencer di media sosial Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktiv, dengan menggunakan metode kualitatif. Data diperoleh melalui penelitian lapangan dengan melakukan observasi, sumber data diperoleh dari hasil wawancara mendalam, dan dokumentasi serta menganalisa data dengan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian penggunaan The Circular Model of SOME dalam dakwah di Instagram @percikaniman melalui empat tahap utama: Share, Optimize, Manage, dan Engage. Pada tahap pembagian konten (share) pertama, dakwah dilakukan dengan membagikan kajian, edukasi, dan dokumentasi kegiatan melalui feeds, reels, dan stories. Kedua, menargetkan audiens usia 30-55 tahun. Ketiga, membangun kepercayaan publik dengan menyampaikan informasi yang valid dan transparan. Tahap optimalisasi konten (optimize) pertama, melibatkan evaluasi berdasarkan respons audiens. Kedua interaksi langsung tanpa chatbot, serta respons edukatif terhadap isu penting. Pada tahap pengelolaan konten (manage) pertama, pemantauan insight Instagram dan evaluasi bulanan digunakan untuk meningkatkan kualitas konten. Kedua, interaksi yang responsif terhadap feedback audiens, meski fitur live streaming belum dimanfaatkan. Terakhir, tahap pengikutsertaan publik (engage) pertama, memperluas keterlibatan melalui kolaborasi dengan tokoh dakwah. Kedua, interaksi diperluas melalui giveaway, serta kegiatan sosial seperti “Run for Palestine” dan program “Tanya Bundo Yanti.”
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Circular Model of SOME; Instagram |
Subjects: | Islam > Da'wah Social Interaction, Interpersonal Relations > Communication Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Rio Mughni Firdaus |
Date Deposited: | 11 Feb 2025 02:15 |
Last Modified: | 11 Feb 2025 02:15 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104231 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |