Arigawati, Nur Ramadania (2025) Pengaruh manajemen pendidikan inklusi terhadap kompetensi guru di Madrasah Ibtidaiyah swasta se-Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (226kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (828kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (147kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (153kB) | Request a copy |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Manajemen yang efektif dapat memberikan arah, dukungan, dan sumber daya yang dibutuhkan untuk memastikan bahwa anak-anak yang berkebutuhan khusus mendapatkan pendidikan yang setara dan berkualitas. Manajemen pendidikan inklusi menjadi kunci dalam menciptakan lingkungan yang mendukung, memahami, dan memberdayakan anak-anak berkebutuhan khusus. Adapun tujuan penelitian ialah untuk memberikan penjelasan dan gambaran yang lebih rinci dan mendalam mengenai hasil penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode Expos facto. Data penelitian ini dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada 31 responden. Analisis data yang dilakukan berupa uji instrumen penelitian (uji validitas dan uji reliabilitas), analisis statistik deskriptif, analisis parsial per indikator, uji prasyarat (uji normalitas dan uji linearitas), serta uji korelasi (uji regresi linear sederhana, uji T, uji koefesien determinasi). Berdasarkan hasil pengujian secara statistic menunjukkan bahwasanya nilai F hitung = 30.271 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel Manajemen Pendidikan Inklusi atau dengan kata lain ada pengaruh variabel Manajemen Pendidikan Inklusi (X) terhadap Kompetensi Guru(Y). Hasil olah data menjelaskan besarnya nilai korelasi/hubungan R yaitu sebesar 0,715 dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,511, yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (Manajemen Pendidikan Inklusi) terhadap variabel terikat (Kompetensi Guru) adalah sebesar 51,1% dan 48,9% dipengaruhi oleh faktor lain dari luar penelitian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Pendidikan Inklusi; Kompetensi Guru; Tenaga Pendidik |
Subjects: | General Management > Education, Research of Management General Management > Planning and Strategic Management General Management > Sales Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Nur Ramadania Arigawati |
Date Deposited: | 12 Feb 2025 01:08 |
Last Modified: | 12 Feb 2025 01:08 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104251 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |