Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis aplikasi Physics Education Technology (PhET) interactive simulation pada materi pemanasan global untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik

Flara, Riana Lady (2025) Pengembangan bahan ajar elektronik berbasis aplikasi Physics Education Technology (PhET) interactive simulation pada materi pemanasan global untuk meningkatkan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (285kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (548kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (241kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (860kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (648kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (551kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah peserta didik kelas X di SMAN 1 Pelabuhanratu yang tergolong rendah yaitu 12% dan 23%, solusinya yaitu diperlukan media pembelajaran untuk memvisualisasikan konsep yang abstrak dari materi pemanasan global. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kelayakan bahan ajar, keterlaksanaan, hasil peningkatan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah, serta kendala pembelajaran. Metode penelitiannya R&D dengan model 3D (Define, design dan development), pada tahap development dilakukan implementasi menggunakan pendekatan Quasi-Experimental, dengan desain rancangan Pre-Test and Post-Test with Non-Equivalent Control-Group Design yang melibatkan satu kelas eksperimen (menggunakan bahan ajar PhET) dan satu kelas kontrol (menggunakan Power Point). Hasil uji kelayakan bahan ajar berbasis PhET memperoleh nilai rata-rata 95,52 dengan kategori baik sekali. Keterlaksanaan pembelajaran di kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 99,29 kategori baik sekali, dan di kelas kontrol nilai rata-ratanya 98,61 kategori baik sekali. Peningkatan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah untuk kelas eksperimen memperoleh nilai rata-rata N-Gain 0,53 kategori sedang, sedangkan kelas kontrol dengan N-Gain 0,33 kategori sedang. Hasil uji hipotesis menggunakan Independent Samples Test diperoleh signifikansi 0,000 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya bahwa “terdapat perbedaan literasi sains dan keterampilan argumentasi ilmiah antara peserta didik yang belajarnya menggunakan bahan ajar berbasis PhET dengan peserta didik yang belajarnya menggunakan pembelajaran konvensional/ ceramah”. Kendala di kelas eksperImen yaitu keterbatasan waktu praktikum, sedangkan di kelas kontrol yaitu peserta didik kurang terlibat aktif.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Argumentasi Ilmiah; Bahan Ajar PhET; Literasi Sains; Pemanasan Global
Subjects: Natural Science
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Lady Flara Riana
Date Deposited: 14 Feb 2025 01:29
Last Modified: 14 Feb 2025 01:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104327

Actions (login required)

View Item View Item