Pembelajaran proyek kerajinan limbah plastik menggunakan pendekatan stream (Science – Technology Religion - Engineering – Arts - Mathematics) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem

Marlina, Rina (2025) Pembelajaran proyek kerajinan limbah plastik menggunakan pendekatan stream (Science – Technology Religion - Engineering – Arts - Mathematics) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi ekosistem. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (Cover)
1_cover.pdf

Download (154kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (349kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (639kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (512kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (867kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (354kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik dalam pembelajaran IPA menjadi permasalahan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pembelajaran proyek kerajinan limbah plastik menggunakan pendekatan STREAM (Science, Technology, Religion, Engineering, Arts, Mathematics) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) menggunakan tahapan ADDIE. Desain yang digunakan one group pretest-posttest. Teknik pengumpulan data dan analisis data dilakukan dengan validasi perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, soal pretest-posttest pilihan ganda untuk pemahaman konsep, rubrik keterampilan berpikir kreatif, dan angket respon peserta didik. Partisipan dalam penelitian ini tiga validator ahli materi dan media, satu observer, peserta didik kelas VII salah satu SMP N di kabupaten Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar proyek pendekatan STREAM memiliki tingkat kelayakan sangat baik dengan skor 97%. Keterlaksnaan pembelajaran dengan pendekatan STREAM memperoleh skor 90% dengan tingkat keterlaksanaan sangat baik. Nilai peningkatan pemahaman konsep peserta didik, yang ditunjukkan oleh rata-rata N-gain sebesar 0,54, berada pada kategori sedang. Keterampilan berpikir kreatif pada proyek kerajinan limbah plastik mendapatkan skor 81% termasuk pada kategori sangat baik. Respons peserta didik terhadap pembelajaran proyek- STREAM sangat baik dengan skor 92%. Hal ini menunjukkan bahwa pendekatan STREAM relevan dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kreatif

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Berpikir Kreatif; Ekosistem; Pemahaman Konsep; Pembelajaran Proyek; STREAM
Subjects: Science and Religion
Ecology > Soil Ecology
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam
Depositing User: Marlina Rina
Date Deposited: 14 Feb 2025 08:22
Last Modified: 17 Feb 2025 01:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104360

Actions (login required)

View Item View Item