Peran guru dalam bimbingan keagamaan untuk meningkatkan perkembangan moral agama anak: Penelitian deskriptif melalui program Jum'at Berkah terhadap siswa-siswi SDS Islam Al-Bayani Cikarang Utara

Sakanovein, Fadilah Bareida (2025) Peran guru dalam bimbingan keagamaan untuk meningkatkan perkembangan moral agama anak: Penelitian deskriptif melalui program Jum'at Berkah terhadap siswa-siswi SDS Islam Al-Bayani Cikarang Utara. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text ((DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf

Download (229kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (318kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (482kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy
[img] Text ((LAMPIRAN))
9_lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada awalnya pelaksanaan bimbingan keagamaan melalui program ini memeiliki beberapa tantangan salah satunya siswa mungkin kurang termotivasi untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan, pemahaman dan pembiasaan yang masih sulit diterima oleh anak. Oleh karena itu, penting untuk mengevaluasi peran guru dalam memfasilitasi dan memotivasi siswa agar dapat mengikuti kegiatan bimbingan keagamaan dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengatahui bagaimana peran guru dalam proses bimbingan kegamaan yang dilaksanakan di sekolah dapat meningkatkan perkembangan nilai-nilai moral agama anak, diharapkan dapat mengembangkan sikap dan akhlak mulia, serta meningkatkan kepedulian sosial mereka. Teori yang digunakan yaitu teori perkembangan moral Lawrence Kohlberg yang disebut sebagai cognitive-developmental theory of moralization, yang berakar pada teori Piaget. Asumsi dasar teori Piaget adalah kognisi (nalar) dan afeksi (perasaan) berkembang secara paralel dan keputusan moral merupakan proses perkembangan kognisi secara alami. Teori Perkembangan Agama Ernest Harms memberikan kerangka kerja yang berguna untuk memahami bagaimana individu, terutama anak-anak, mengembangkan pemahaman keagamaan mereka melalui berbagai fase perkembangan yang dipengaruhi oleh faktor kognitif, moral, dan sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian, metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa peran guru dalam bimbingan kegamaan yang dilaksanakan memiliki peran yang cukup berpengaruh terhadap perubahan diri siswa yang sebelumnya memiliki perilaku yang tidak baik dan kurangnya pengetahuan tentang ilmu agama Islam dan berakhlak baik serta tingkat kepedulian siswa-siswi, dengan adanya bimbingan keagamaan siswa tidak melakukan hal-hal negatif, siswa akan mampu memahami mana yang baik dan buruk, mampu bersosialisasi dimasyarakat, menjadi pribadi yang baik dan mampu mengamalkan ajaran agama Islam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Guru; Bimbingan Keagamaan; Perkembangan Anak; Aspek Moral Agama
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: fadilah bareida sakanovein
Date Deposited: 17 Feb 2025 06:38
Last Modified: 17 Feb 2025 06:38
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104409

Actions (login required)

View Item View Item