Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan literasi kimia siswa pada produk etnokimia koloid

Azahra, Fatma Wahyu (2025) Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan literasi kimia siswa pada produk etnokimia koloid. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (466kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (415kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (865kB)
[img] Text (BAB V)
8_Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (30kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (301kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
10_Lampiran (30).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pentingnya literasi kimia berhubungan dengan bagaimana peserta didik mampu menghargai alam dengan memanfaatkan sains dan teknologi yang telah dikuasainya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan lembar kerja siswa berbasis proyek untuk mengembangkan literasi kimia pada produk etnokimia koloid. Untuk dapat mendeskripsikan tujuan tersebut diterapkan pembelajaran berbasis proyek dengan tahap menganalisis masalah sebagai keterampilan, tahap mendesain proyek, tahap melaksanakan percobaan, tahap menyusun draft/prototype produk, serta tahap finalisasi produk. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain one shot case study. Subjek penelitian dilakukan pada siswa SMA Pasundan Banjaran, kelas XI MIPA 5, pada materi koloid. Hasil analisis lembar kerja pembelajaran menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis proyek terlaksana dengan persentase tertinggi pada tahap menyusun draft/prototype produk sebesar 91% dengan kriteria sangat baik dan pada tahap mendesain produk sebesar 90% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan persentase terkecil terjadi pada tahap menganalisis masalah dengan persentase sebesar 62% dengan kriteria cukup. Hasil analisis kemampuan aspek konten menunjukkan nilai rata-rata sebesar 85 dengan kriteria baik, aspek konteks sebesar 68 dengan kriteria sangat baik, aspek proses sebesar 70 dengan kriteria sangat baik dan aspek sikap sebesar 87 dengan kriteria sangat baik, sehingga diperoleh nilai rata-rata sebesar 77 dengan kriteria sangat baik. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan literasi kimia berkembang dengan baik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: etnokimia; koloid; literasi kimia; pembelajaran berbasis proyek
Subjects: Chemistry and Allied Science
Ecology > Environmental Chemistry
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Fatma Wahyu Azahra
Date Deposited: 18 Feb 2025 01:30
Last Modified: 18 Feb 2025 01:48
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104434

Actions (login required)

View Item View Item