Pengaruh jumlah pendapatan bagi hasil mudharabah dan pendapatan sewa ijarah terhadap laba operasional di PT. Bank BRI Syariah periode 2013-2016

Surtini, Dwi Asih (2018) Pengaruh jumlah pendapatan bagi hasil mudharabah dan pendapatan sewa ijarah terhadap laba operasional di PT. Bank BRI Syariah periode 2013-2016. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (166kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB II)
5_bab2.pdf

Download (695kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB III)
6_bab3.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf

Download (994kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB V)
8_bab5.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf

Download (65kB) | Preview

Abstract

Pendapatan merupakan salah satu tolak ukur untuk menilai keberhasilan manajemen dalam mengelola perusahaan. Pendapatan suatu bank baik dari kegiatan bagi hasil dengan menggunakan akad mudharabah maupun dengan pendapatan atas sewa ijarah adalah salah satu bentuk kegiatan operasional bank untuk mendapatkan laba dengan prinsip syariah. Tujuan penelitian ini adalah untuk (1) Mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah terhadap Laba Operasional pada PT. Bank BRI Syariah, (2) Mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Sewa Ijarah terhadap Laba Operasional pada PT. Bank BRI Syariah, (3) mengetahui seberapa besar pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Sewa Ijarah secara simultan terhadap laba operasional pada PT. Bank BRI Syariah. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif. Jenis data penelitian menggunakan data kuantitatif. Sumber data penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yang diperoleh dari Laporan Keuangan PT. Bank BRI Syariah periode triwulan 2013-2016 yang berasal dari www.brisyariah.co.id. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara dokumentasi, yaitu mengumpulkan laporan kinerja keuangan PT. Bank BRI Syariah pada periode tertentu. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan regresi linier berganda dengan menggunakan uji asumsi klasik uji t dan uji F, untuk mengelola data digunakan program SPSSV.25 dan Microsoft Excel 2013 sebagai alat bantu. Hasil penelitian ketiga variabel yaitu: (1) Nilai Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah diperoleh nilai ttabel sebesar 1.761. hasil yang diperoleh dari pengujian uji t SPSS sebesar 0.353. hal ini memenuhi syarat thitung < ttabel (0.353<1.761) dapat disimpulkan bahwa H01 diterima dan Ha1 ditolak yang artinya Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah tidak terdapat hubungan yang signifikan terhadap Laba Operasional. (2) Nilai Pendapatan Sewa Ijarah diperoleh nilai ttabel sebesar 1.761. Hasil yang diperoleh dari pengujian uji t SPSS sebesar 0.206. Hal ini memenuhi syarat thitung < ttabel (0.206<1.761). dapat disimpulkan bahwa bahwa H02 diterima dan Ha2 ditolak yang artinya Pendapatan Sewa Ijarah tidak terdapat hubungan yang signifikan antara Pendapatan Sewa Ijarah terhadap Laba Operasional. (3) nilai Ftabel diperoleh sebesar 3.74. Hasil yang diperoleh dari pengujian F SPSS sebesar 0.058. hal ini memenuhi syarat Fhitung < Ftabel (0.058<3.74). H03 diterima dan Ha3 ditolak yang artinya terdapat pengaruh tidak signifikan antara Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Pendapatan Sewa Ijarah terhadap Laba Operasional pada PT. Bank BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah; Pendapatan Sewa Ijarah; Laba Operasional
Subjects: Accounting
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Program Studi Manajeman Keuangan Syariah
Depositing User: Dwi Asih Surtini
Date Deposited: 26 Jun 2018 07:25
Last Modified: 26 Jun 2018 07:25
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/10449

Actions (login required)

View Item View Item