Masilaturrohmah, Masilaturrohmah (2025) Penerapan program bimbingan tahfizh Al-Quran dengan teknik Game (Permainan) untuk penguatan motivasi belajar tahfizh di Pondok Pesantren Tahfizh Griya Quran Bandung. Masters thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (281kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB II (3).pdf Restricted to Registered users only Download (463kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (469kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (206kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (200kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (292kB) |
Abstract
Keutamaan dalam menghafal al-Quran yang sangat banyak sekali membuat para ahli pendidikan berfikir untuk terus merujuk dan menjadikan al-Quran sebagai dasar dari program atau pembelajaran di setiap lembaga. Terutama pada Pondok Pesantren Tahfidh. Keutamaan yang besar tersebut sebandung dengan pengorbanan dan jihad para penghafal al-Quran dalam mempertahankan hafalannya. Para penghafal al-Quran sangat diharapkan untuk tidak melupakan hafalannya karena hal tersebut berimplikasi pada keutamaan dalam menghafal tersebut. Pada kasus yang terjadi di lapangan terdapat dua faktor yang membuat seseorang lupa akan hafalannya yaitu faktor internal dan eksternal dalam diri penghafal al-Quran maka dari itu para penghafal al-Quran membutuhkan wadah atau tempat yang dapat memberikan bimbingan dan pengarahan terhadap proses dalam menghafal al-Qura’an. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan tahfizh al-Quran, menganalisa pelaksanaan dan hasil bimbingan tahfizh al-Quran dengan teknik game sehingga peneliti dapat mendisain pengembangan program bimbingan dengan teknik game tersebut. Pengembangan teknik game ini akan membantu peserta didik untuk lebih termotivasi dan semangat dalam mengikuti kegiatan-kegiatan pada program bimbingan tahfizh al-Quran yang pelakasanaannya dilaksanakan pada program dauroh muroja’ah di Pondok Pesantren Tahfizh Griya Quran Bandung. Peneliti menggunakanan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus dengan mengetahui dan mendeskrpisikan program, pelaksanaan, hasil yang sudah berjalan dan dilakukan oleh pembimbing di lapangan. Sehingga pada akhirnya peneliti dapat mendisain program bimbingan tahfizh al-Quran dengan teknik game dengan pembaharuan-pembaharuan tanpa menghilangkan kelebihan program yang sudah berjalan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program bimbingan tahfizh al-Quran dengan teknik game ini perlu untuk dikembangkan agar peserta didik yang masih merasakan tidak termotivasi dalam belajar tahfizh atau menghafal al-Quran dapat melaksanakan bimbingan tahfizh dengan bahagia, merasa termotivasi dan memiliki semangat untuk menghafal al-Quran dengan cara yang menyenangkan terlebih pada peserta didik yang sudah memiliki banyak hafalan akan tetapi tidak bersemangat dalam mengulang hafalan al-Quran. Disain pembaharuan yang didisain oleh peneliti yaitu pembaharuan tahapan-tahapan yang ada pada kegiatan quranic game, tasmi’ itqan dan papan prestasi.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Tahfizh Qur’an; Teknik Games; Motivasi Belajar |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan Educational Institutions, Schools and Their Activities > Student Guidance and Counseling |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Rohmah Masilatur |
Date Deposited: | 19 Feb 2025 07:50 |
Last Modified: | 19 Feb 2025 07:50 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104517 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |