Pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) berbantu padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sel

Silmi, Helfiyyan Hani (2025) Pengaruh model pembelajaran RADEC (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) berbantu padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sel. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (131kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_daftarisi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (401kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
1202060033_PBIO-106-268.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif merupakan keterampilan yang diperlukan siswa di abad 21 namun belum mencapai tingkat optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh model pembelajaran RADEC berbantu Padlet terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sel hewan dan sel tumbuhan. Metode yang digunakan yaitu quasi eksperiment berbentuk non-equivalent control group design, dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model pembelajaran RADEC berbantu Padlet memperoleh nilai persentase sebesar 93% pada aktivitas guru dan 86% pada aktivitas siswa. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas eksperimen dan kontrol memperoleh nilai N-Gain sebesar 0,64 (sedang) dan 0,35 (sedang), serta ditunjukkan dengan perolehan nilai signifikansi pada uji T sebesar 0,000 < 0,05 (H1 diterima), dan berdasarkan uji effect size memperoleh angka 0,72 berkategori "sedang". Respon siswa terhadap pembelajaran tergolong baik dengan rata-rata keseluruhan 85,73%. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran RADEC berbantu Padlet berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi sel hewan dan sel tumbuhan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: RADEC; Padlet; Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa; Sel Hewan dan Sel Tumbuhan
Subjects: Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Physiology > Cell Biologi, Cytology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Helfiyyan Hani Silmi
Date Deposited: 21 Feb 2025 07:56
Last Modified: 21 Feb 2025 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104550

Actions (login required)

View Item View Item