Ghifary, Muhammad Ihsan (2025) Political marketing Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatkan perolehan suara pada pemilihan umum legislatif 2024 di Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text (KETERANGAN BEBAS PLAGIARISME)
3_Keterangan Bebas Plagiarisme.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
4_daftarisi.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
5_bab1.pdf Download (357kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
6_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (343kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
7_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (144kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
8_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
9_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (82kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
10_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
11_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memanfaatkan pemilihan umum legislatif 2024 untuk memperkuat posisinya dalam kancah politik nasional, khususnya di Kota Bandung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat strategi marketing politik yang digunakan oleh PKS untuk meningkatkan perolehan suara mereka dengan menggunakan strategi mix marketing. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, dan studi kepustakaan. Pendekatan mix marketing dalam konteks political marketing melibatkan elemen produk, promosi, harga, dan tempat yang disesuaikan dengan kebutuhan audiens politik di Kota Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PKS berhasil mengintegrasikan nilai-nilai ideologis partai dengan kebutuhan masyarakat lokal, memanfaatkan media digital secara efektif, serta membangun relasi yang erat dengan konstituen melalui pendekatan personal dan program sosial. Strategi ini tidak hanya meningkatkan citra partai, tetapi juga meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap PKS sebagai partai yang peduli dan responsif terhadap aspirasi masyarakat. PKS dapat meningkatkan partisipasi politik masyarakat dan memperluas basis dukungannya di Kota Bandung dengan mengoptimalkan komponen mix marketing. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis terhadap pengembangan konsep political marketing serta rekomendasi praktis bagi partai politik untuk meningkatkan efektivitas kampanye dalam pemilu.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Marketing Politik; PKS; Mix Marketing; Pemilu Legislatif; Kota Bandung |
Subjects: | Political Process Political Process > Political Parties Political Process > Programs and Ideologies of Parties Political Process > Parties in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | Muhammad Ihsan Ghifary |
Date Deposited: | 25 Feb 2025 02:49 |
Last Modified: | 25 Feb 2025 02:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104751 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |