Khairunnisa, Wilma (2023) Penggunaan metode Active Knowledge Sharing pada mata pelajaran SKI untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (33kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (139kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (349kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (385kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (301kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (673kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (32kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
10_lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini di latar belakangi oleh hasil studi pendahuluan dalam proses pembelajaran pada Mata Pelajaran SKI di kelas IV yang mengalami permasalahan dalam hasil belajar siswa, penggunaan metode yang tidak sesuai dengan materi yang diajarkan. Sehingga hasil belajar siswa memiliki rata – rata 60, sedangkan KKM yang harus dicapai sebesar 70. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI sebelum menggunakan Metode Active Knowledge Sharing, (2) Untuk mengetahui keterlaksanan pembelajaran pada Mata Pelajaran SKI menggunakan metode Active Knowledge Sharing setiap siklusnya, (3) Untuk mengetahui hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran SKI setelah menggunakan Metode Active Knowledge Sharing setiap siklusnya. Penggunaan Metode Active Knowledge Sharing yaitu suatu metode pembelajaran yang memberikan penekanan kepada siswa untuk saling aktif dan berbagi pengetahuan satu sama lain yang dapat digunakan sebagai alat untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Hipotesis tindakan pada peneltian ini yaitu dengan menggunakan Metode Active Knowledge Sharing diharapkan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Penelitian Tindakan Kelas.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi (lembar aktivitas guru dan aktivitas siswa), dokumen serta tes hasil belajar siswa yang digunakan pada setiap siklus. Siswa yang dijadikan objek penelitian alah siswa kelas IV MI Muhammadiyah I yang berjumlah 20 siswa. Hasil belajar siswa pada tahap prasiklus, sebelum melakukan penggunaan Metode Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran SKI kelas IV memperoleh nilai ketuntasan klasikal sebesar 5% dengan rata – rata skor 42. Adapun proses penggunaan Metode Active Knowledge Sharing pada Mata Pelajaran SKI dapat terlihatdari aktivitas guru pada siklus I yang mencapai 84% dengan kriteria sangat aktif dan aktivitas siswa pada siklus I yang mencapai 75% dengan kriteria aktif. Kemudian mengalami peningkatan pada siklus II dengan aktivitas guru mencapai 96% dengan kriteria sangat aktif dan aktivitas siswa pada siklus II mencapai 91% dengan kriteria sangat aktif. Hasil belajar siswa dengan menggunakan Metode Active Knowledge Sharing dengan nilai rata – rata pada siklus I sebesar 59,5 dengan kriteria cukup dan mengalami peningkatan pada siklus II dengan nilai rata – rata sebesar 81,6 dengan kriteria baik. Ketuntasan klasikal yang terjadi pada siklus I sebesar 40% dan ketuntasan klasikal pada siklus II sebesar 83% maka skor peningkatan yang diperoleh sebesar 43%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | metode Active Knowledge Sharing; mata pelajaran SKI; hasil belajar siswa |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Elementary Education > Elementary Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Wilma Khairunnisa |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 06:51 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 06:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104828 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |