Perbandingan Problem Based Learning vs Discovery Learning berbantuan phet simulation dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi momentum dan impuls

Nurhidayanti, Neneng Firda (2025) Perbandingan Problem Based Learning vs Discovery Learning berbantuan phet simulation dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif pada materi momentum dan impuls. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (280kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (618kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (828kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (799kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (874kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[img] Text (LAMPIRAN)
10_lampiran Neneng Firda (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB) | Request a copy

Abstract

Berpikir kreatif merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan oleh peserta didik sehingga peserta didik dapat menyelesaikan masalah dan dapat berkomunikasi atau menyampaikan pendapatnya dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keterlaksanaan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dan model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation, peningkatan keterampilan berpikir kreatif, dan perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi Momentum dan Impuls. Metode yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Sampel penelitian terdiri dari 37 peserta didik disetiap kelas eksperimen 1 dan kelas eksperimen 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksaan pembelajaran model Problem Based Learning dan model Discovery Learning berbantuan PhET Simulation memperoleh nilai rata-rata 95% dan 92% dengan interpretasi sangat efektif. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas eksperimen 1 memperoleh nilai n-gain sebesar 0,67 dan kelas eksperimen 2 sebesar 0,60. Hasil uji hipotesis menggunakan uji Mann-Whitney menunjukan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,062 yang artinya > 0,05 maka H0 diterima dan H1 ditolak. Kesimpulan yang dapat diambil adalah tidak terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif antara yang menggunakan model Problem Based Learning dan yang menggunakan model Discovery Learning pada materi Momentum dan Impuls

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berpikir Kreatif; Momentum dan Impuls; Problem Based Learning
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika
Depositing User: Neneng Firda Nurhidayanti
Date Deposited: 27 Feb 2025 02:56
Last Modified: 27 Feb 2025 02:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/104955

Actions (login required)

View Item View Item