Peran keterlibatan ayah terhadap anak dalam perkembangan emosional anak usia dini

DratiNova, Lara (2025) Peran keterlibatan ayah terhadap anak dalam perkembangan emosional anak usia dini. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Pernyataan Bebas Plagiarisme (1).pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_BAB I.pdf

Download (939kB) | Preview
[img] Text
4_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
5_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[img] Text
6_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
7_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB)
[img] Text
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (470kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
Lampiran 4 (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (624kB)

Abstract

Berdasarkan hasil observasi awal di Kelompok B RA Al-Kautsar Bandung,peneliti menunjukkan kelompok B yang berjumlah 19 siswa yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan (Observasi 15 Januari 2024) mempunyai perkembangan emosi yang cukup stabil,peneliti melihat siswa yang menangis mampu mengontrol emosinya dengan menepuk nepuk dadanya dan berkata"sabar". Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui:1)Untuk mengetahui tingkat peran ayah terhadap siswa Kelompok B RA Al-Kautsar Bandung; 2)Untuk mengetahui perkembangan emosional siswa Kelompok B RA Al-Kautsar Bandung dan;3)Untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi keterlibatan ayah dalam pengasuhan siswa Kelompok B RA Al-Kautsar Bandung. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode penelitian kualitatif.Metode kualitatif merupakan merupakan metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat postpositivisme,digunakan untuk meneliti pada kondisi objek yang alamiah,(sebagai lawannya adalah eksperimen)dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci.Objek yang alamiah adalah objek yang berkembang apa adanya,tidak dimanipulasi oleh peneliti dan kehadiran peneliti tidak mempengaruhi dinamika pada objek penelitian tersebut. Penelitian ini mengenai peran emosional siswa Kelompok RA Al-Kautsar Bandung menghasilkan gambaran mengenai kondisi yang dialami anak dalam perkembangan emosionalnya.Pada anak usia dini di RA Al-Kautsar Bandung perkembangan emosionalnya dapat dilihat menggunakan konsep dari teori perkembangan psikososial yang di Kembangkan olwh Erik Erikson ada total delapan tahap perkembangan sosio emosional yang dilalui setiap manusia sepanjang hidupnya.Adapun untuk anak usia dini dalam hal ini anak yang berusia 2-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan perkembangan emosional anak memenuhi tahap perkembangan psikososial Erik Erikson pada tiga tahap awal sesuai usia anak usia dini yakni 0-6 tahun.Tahap pertama percaya vs tidak percaya Tahap kedua yaitu tahap kemandirian vs malu dan ragu-ragu Tahap ketiga yaitu tahap inisiatif vs rasa bersalah.Adapun dampak teknologi terhadap perkembangan emosional anak usia dini di RA Al-Kautsar Bandung cukup menghambat perkembangannya karena anak ketergantungan terhadap gadget tetapi dapat di control melalui pembatasan waktu penggunaan gadget.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran ayah; emosional; usia dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Nova Lara
Date Deposited: 02 Sep 2025 08:14
Last Modified: 02 Sep 2025 08:14
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105009

Actions (login required)

View Item View Item