Hasna, Luthfiyah (2025) Hubungan antara persepsi orang tua terhadap pola interaksi dengan anak usia dini dalam membentuk perkembangan moral dan nilai agama: Penelitian kuantitatif di RA Al-Ihsan, RA Persis 73 Cireungit dan TK Al-Mubarokah, Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
Cover.pdf Download (14kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
Abstrak.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
Daftar Isi.pdf Download (112kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB 1.pdf Download (382kB) | Preview |
|
![]() |
Text (BAB II)
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
|
![]() |
Text (BAB III)
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (428kB) |
|
![]() |
Text (BAB IV)
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (515kB) |
|
![]() |
Text (BAB V)
BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (94kB) |
|
![]() |
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA .pdf Restricted to Registered users only Download (163kB) |
|
![]() |
Text (LAMPIRAN)
lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan di RA Al-Ihsan, RA Persis 73 Cireungit dan TK Al-Mubarokah melalui penyebaran kuesioner kepada guru, ditemukan bahwa terdapat beberapa anak yang masih kurang berkembang dalam aspek moral dan nilai agama. Adapun yang menjadi tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami: 1) Persepsi orang tua terhadap pola interaksi dengan anak usia dini; 2) Perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini; 3) Hubungan antara persepsi orang tua terhadap pola interaksi dengan anak usia dini dalam membentuk perkembangan moral dan nilai keagamaan. Pola interaksi antara orang tua dan anak memainkan peran penting dalam pembentukan karakter dan kepribadian anak, terutama dalam perkembangan moral dan internalisasi nilai-nilai agama. Keluarga, khususnya orang tua, merupakan lingkungan pertama tempat anak belajar tentang nilai, norma, dan perilaku yang sesuai dengan standar moral dan agama. Dalam proses tersebut, pola komunikasi, perhatian, dan keterlibatan orang tua memiliki pengaruh besar terhadap bagaimana anak memahami, menerima, dan menerapkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan yaitu korelasional pada pendekatan kuantitatif. Responden penelitian ini berjumlah 51 orang tua yang memiliki anak usia dini di RA Al-Ihsan, RA Persis 73 Cireungit dan TK Al-Mubarokah, Kabupaten Bandung, sampel yang diambil dengan simple random sampling yang artinya anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik pengumpulan data yang digunakan kuesioner yang disebarkan melalui Google Form . Hasil analisis data disimpulkan bahwa pola interaksi orang tua – anak memperoleh nilai rata – rata sebesar 85 . Angka ini berada pada interval 81,25-100 atau berada pada kategori sangat baik. Sedangkan pada perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini memperoleh nilai rata-rata 87 atau berada pada interval 80-100 atau kategori sangat baik. Hubungan antara persepsi orang tua terhadap pola interaksi dengan anak usia dini dalam membentuk perkembangan moral dan nilai keagamaan dianalisis melalui rumus korelasi product moment, diperoleh rhitung sebesar = 0,71 pada interval 0,60-0,79 dengan kategori kuat. Hasil uji hipotesis diperoleh harga thitung sebesar = 9,259 > ttabel = 2,010. Dapat disimpulkan Ho (hipotesis nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima, artinya ada hubungan positif yang signifikan antara pola interaksi orang tua – anak dengan perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini. Adapun kontribusi pola interaksi orang tua – anak dengan perkembangan moral dan nilai agama anak usia dini tahun sebesar 50%. Artinya 50% dipengaruhi oleh faktor lainnya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Interaksi; Perkembangan Moral dan Nilai Agama; Anak Usia Dini |
Subjects: | Islam Islam > Specific Moral Issues Social Interaction, Interpersonal Relations Human Physiology > Child Development |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Luthfiyah Hasna |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 08:28 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 08:28 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105027 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |