Yasmin, Alia (2024) Representasi interaksi sosial pada film series AlRawabi School For Girls Season 2 karya Tima Shomali. Representasi interaksi sosial pada film series AlRawabi School For Girls Season 2 karya Tima Shomali, 8 (1). pp. 215-227. ISSN 2597-5218
|
Text
13611-Article Text-126460-1-10-20250114.pdf Download (763kB) | Preview |
Abstract
INDONESIA: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi interaksi sosial yang terdapat pada film series AlRawabi School for Girls Season 2 yang menggunakan pendekatan semiotika oleh Charles Sanders Peirce.Metode yang digunakan ialah metode deskriptif yang menganalisis berdasarkan semiotika. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interaksi sosial pada film series AlRawabi School for Girls Season 2 terdapat interaksi sosial asosiatif dan disosiatif. Interaksi sosial asosiatif terdapat pada adegan 3 dan 4. Sedangkan, interaksi sosial disosiatif terdapat pada adegan 1, 2, 4, 5, dan 6. Simpulan ini menunjukkan interaksi sosial yang terjadi pada film series AlRawabi School for Girls Season 2 ini merupakan representasi kehidupan remaja di sekolah terutama dalam hal perundungan yang sering terjadi di sekolah. Melalui proses disosiatif dan asosiatif, serial ini memberikan gambaran yang mendalam tentang tantangan sosial di sekolah, seperti perundungan, hierarki kekuasaan, solidaritas, dan kerja sama. Kajian ini memberikan pesan moral untuk memahami dan mengelola hubungan sosial demi menciptakan lingkungan yang lebih inklusif dan suportif. ENGLISH: This study aims to identify social interactions contained in the AlRawabi School for Girls Season 2 film series using a semiotic approach by Charles Sanders Peirce. The method used is a descriptive method that analyzes based on semiotics. Data collection techniques useddocumentation techniques. The results of this study indicate that social interactions in the AlRawabi School for Girls Season 2 film series have associative and dissociative social interactions. Associative social interactions are found in scenes 3 and 4. Meanwhile, dissociative social interactions are found in scenes 1, 2, 4, 5, and 6. This conclusion shows that the social interactions that occur in the AlRawabi School for Girls Season 2 film series are a representation of teenage life at school, especially in terms of bullying that often occurs at school. Through dissociative and associative processes, the series provides an in-depth picture of social challenges at school, such as bullying, power hierarchy, solidarity, and cooperation. The study provides a moral message to understand and manage social relationships to create a more inclusive and supportive environment
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Film; Interaksi Sosial; Semiotika |
Subjects: | Philosopy and Theory > Semiotics Public Performances > Filmscripts |
Divisions: | Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Bahasa dan Sastra Arab |
Depositing User: | Alia Yasmin |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 08:03 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 08:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |