Implikasi teori belajar Humanisme terhadap pembelajaran bahasa Arab : Implications of Humanistic Learning Theory on Arabic Language Learning

Syafei, Isop Implikasi teori belajar Humanisme terhadap pembelajaran bahasa Arab : Implications of Humanistic Learning Theory on Arabic Language Learning. Loghat Arabi: Jurnal Bahasa Arab dan Pendidikan Bahasa Arab.

[img]
Preview
Text
166-629-1-PB.pdf

Download (931kB) | Preview
Official URL: https://www.journal.iaiddipolman.ac.id/index.php/l...

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teori humanisme dalam pembelajaran bahasa Arab, implikasinya terhadap disain pembelajaran bahasa Arab, implikasinya terhadap implementasi pembelajaran bahasa Arab, implikasinya terhadap evaluasi pembelajaran bahasa Arab, serta kelebihan dan kekurangan teori humanisme dalam pembelajaran bahasa Arab. Metode penelitian ini menggunakan studi literatur untuk menganalisis implikasi teori humanisme terhadap pembelajaran bahasa Arab. Langkah-langkah meliputi identifikasi sumber, pembacaan dan analisis, sintesis informasi, dan pembangunan kerangka konseptual. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa: (1) Penerapan Teori Humanisme dalam pembelajaran bahasa Arab mendorong inklusivitas, motivasi intrinsik, pertumbuhan pribadi, dan hubungan yang kuat antara guru dan siswa. (2) Interaksi guru-siswa dalam pembelajaran bahasa Arab berbasis teori humanisme memperkuat hubungan, menciptakan lingkungan inklusif dan mendukung, serta mendorong partisipasi siswa. (3) Implementasi pembelajaran bahasa Arab berbasis teori humanisme melibatkan interaksi guru-siswa yang saling mendukung, inklusif, dan memperkuat kepercayaan. (4) Evaluasi bahasa Arab teori humanisme: pertumbuhan pribadi, umpan balik positif, melibatkan siswa, bermakna, motivasi meningkat. (5) Kelebihan Teori Humanisme: pemberdayaan siswa, pertumbuhan pribadi, pengalaman bermakna, lingkungan inklusif. Kekurangannya: kurangnya struktur, kurangnya penekanan pada kemampuan kognitif, tantangan penilaian, ketidakcocokan dengan semua siswa.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Humanism; Arabic Language Learning; Learning Theory
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr. Isop Syafe'i
Date Deposited: 07 Mar 2025 01:47
Last Modified: 07 Mar 2025 01:47
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105057

Actions (login required)

View Item View Item