Problems of Learning Arabic in Reading and Writing Skills in Nagreg Junior High School

Syafei, Isop Problems of Learning Arabic in Reading and Writing Skills in Nagreg Junior High School. Asalibuna.

[img]
Preview
Text
2024 Asalibuna.pdf

Download (900kB) | Preview
Official URL: https://jurnalfaktarbiyah.iainkediri.ac.id/index.p...

Abstract

Keterampilan berbahasa seseorang dapat dilihat secara berurutan dari empat keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Keterampilan membaca dan menulis bahasa Arab ini tidak disadari sudah dipelajari saat mempelajari Baca Tulis al-Qur`an (BTQ). Namun karena tidak dipelajari secara khusus dalam mata pelajaran bahasa Arab maka kemampuan tersebut pun tidak terasah dengan baik, itulah diantaranya yang terjadi di SMP IT Matahati Nagreg. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui problematika pembelajaran bahasa Arab yang terjadi di SMP IT Matahati dalam keterampilan membaca dan menulis beserta tawaran solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi problematika yang terjadi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yaitu dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa problematika yang tengah dihadapi SMP IT Matahati meliputi problematika linguistik seperti kemampuan membaca menulis huruf bahasa Arab, pembendaharaan kosakata, dan pemahaman tata bahasa yang masih minim. Sedangkan problematika non linguistik meliputi peserta didik, buku ajar, guru, sarana dan lingkungan. Pada dasarnya semua problematika ini seringkali didapati dalam pembelajaran bahasa Arab, adapun solusi yang ditawarkan diharapkan dapat berimplikasi dalam pembelajaran bahasa Arab itu sendiri demi tercapainya tujuan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: Arabic
Bahasa Arab
Divisions: Pascasarjana Program Magister > Program Studi Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Dr. Isop Syafe'i
Date Deposited: 07 Mar 2025 00:44
Last Modified: 07 Mar 2025 00:44
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/105072

Actions (login required)

View Item View Item