Pengaruh model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok ruang lingkup Biologi: Penelitian terhadap siswa kelas X MA As-Salam Peundeuy Garut

Murokobah, Silvia (2013) Pengaruh model pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik pada materi pokok ruang lingkup Biologi: Penelitian terhadap siswa kelas X MA As-Salam Peundeuy Garut. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (357kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (579kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (525kB)
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (532kB)
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (276kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ada di kelas X MA As-Salam Peundeuy Garut, karena proses belajar mengajar cenderung masih menggunakan model konvensional. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan proses pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran cooperatif learning tipe make a match untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran cooperatif learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi ruang lingkup biologi. Hipotesis penelitian ini mengasumsikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan metode pembelajaran cooperatif learning tipe make a match terhadap hasil belajar siswa pada materi ruang lingkup biologi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen, dengan desain penelitian Control Group pretes-posttes Design. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas X MA As-Salam Peundeuy Garut berjumlah lima kelas. Sampel yang diambil hanya dua kelas, yaitu kelas X.4 berjumlah 41 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X.5 terdiri dari 41 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan kelas diambil secara acak. Pengolahan data dengan analisis komparatif dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada kelas yang menggunakan metode pembelajaran cooperatif learning tipe make a match memiliki rata-rata tes awal 39,39, rata-rata tes akhir 72,82, N-Gain sebesar 0,71 dengan kategori tinggi. Kelas yang tanpa menggunakan metode pembelajaran cooperatif learning tipe make a match memiliki nilai rata-rata tes awal 33,29, rata-rata tes akhir 57,43, N-Gain sebesar 0,63 dengan kategori sedang. Dari dua metode pembelajaran menghasilkan uji t dengan kriteria bahwa thitung > ttabel yaitu:2,71 > 1,99 sehingga hipotesisnya Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penggunaan metode pembelajaran cooperatif learning tipe make a match terhadap peningkatan hasil belajar kognitif siswa pada materi ruang lingkup biologi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Peserta Didik;Cooperatif Learning Tipe Make A Match;Penelitian
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2016 09:10
Last Modified: 15 Jul 2019 01:42
URI: https://etheses.uinsgd.ac.id/id/eprint/1051

Actions (login required)

View Item View Item